Kompas.com - 20/09/2021, 17:00 WIB
Daging merah selalu dilengkapi dengan lapisan lemak, singkirkan lemak-lemak ini agar sajian Anda tak membahayakan tubuh. Unsplash/Pk-obrAaJAFXuwDaging merah selalu dilengkapi dengan lapisan lemak, singkirkan lemak-lemak ini agar sajian Anda tak membahayakan tubuh.

KOMPAS.com - Lemak dalam daging bisa sangat mengganggu. Selain bisa membuat keruh kuah sajian, lemak dalam daging juga bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Timbunan lemak dalam sebuah masakan bisa menumpuk di dalam tubuh dan membuat level kolesterol jahat melambung tinggi.

Jadi ketika memasak daging, ada baiknya Anda menyusut atau mengurangi kadar lemaknya agar sajian daging bisa rendah kolesterol. Atau setidaknya, memiliki angka kolesterol yang cukup aman bagi tubuh.

Nah, untuk mengurangi lemak dalam daging, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

Baca juga: Bermodal Nanas, Daging Alot Bisa Jadi Lembut, Begini Caranya

1. Cuci dan bersihkan lapisan lemaknya

Dilansir dari Times of India, sebelum memasak daging merah, pastikan Anda membersihkannya dari beberapa kotoran yang bisa menempel di permukaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan menggunakan pisau, kerat lapisan lemak yang ada pada daging merah.Unsplash/Max Delsid Dengan menggunakan pisau, kerat lapisan lemak yang ada pada daging merah.
Kemudian dengan menggunakan pisau, iris atau kerat bagian lemak putih yang menempel di permukaan daging merah.

Setelah itu rendam daging mentah di air hangat yang sudah diberi garam dan kunyit. Perendaman ini bisa digunakan untuk menyusut timbunan lemak dalam daging.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Daging dan Batas Waktu Penyimpanannya

2. Saring kaldunya

Cara kedua, adalah dengan langsung merebus daging dengan bumbu-bumbu rempah yang sudah Anda siapkan. Atau merebusnya tanpa bumbu rempah terlebih dahulu, cukup hanya diberi garam saja.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.