Kompas.com - 20/09/2021, 14:30 WIB
Manfaat sinar matahari sangat banyak, salah satunya adalah membersihkan kain dari jamur dan kuman. Unsplash/Erik WitsoeManfaat sinar matahari sangat banyak, salah satunya adalah membersihkan kain dari jamur dan kuman.

KOMPAS.com - Benda-benda ini akan lebih higienis jika dikeringkan menggunakan bantuan sinar matahari dibanding menggunakan pengering elektronik.

Cara-cara alami terkadang memang lebih efektif. Selain aman karena tak menggunakan bahan kimia, cara alami ini juga tentunya lebih hemat.

Sinar ultraviolet matahari bisa lebih ampuh membunuh bakteri dan kuman. Meski begitu, tetap hati-hati jika mengeringkan atau membersihkan benda-benda rumah di bawah terik matahari. Karena benda yang berwarna akan berpotensi pudar jika terlalu lama dijemur dan terkena sinar ultraviolet, terutama yang berbentuk kain.

Nah beberapa benda di bawah ini ternyata lebih bersih jika dikeringkan menggunakan bantuan sinar matahari daripada menggunakan pengering elektronik.

Apa saja barang-barang tersebut?

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Berjemur di Bawah Sinar Matahari

1. Tempat sampah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi tempat sampah. PIXABAY/DAVIE BICKER Ilustrasi tempat sampah.

Dilansir dari The Kitchn membersihkan tempat sampah tanpa mengeringkannya di bawah sinar matahari tak akan bisa membunuh kuman dan bakteri secara maksimal.

Jadi setelah dicuci dan disikat, jemur tempat sampah di terik matahari siang. Sinar ultraviolet akan membunuh sisa kuman dan membersihkan aroma busuk yang masih menempel di dalam tempat sampah.

2. Kontainer makanan dari plastik

Kontainer atau wadah makanan dari plastik tempat bekal biasanya menyekap aroma residu makanan.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.