Kompas.com - 20/09/2021, 13:30 WIB
Agar tak ambyar, kupas telur rebus menggunakan teknik-teknik khusus. Unsplash/TengyartAgar tak ambyar, kupas telur rebus menggunakan teknik-teknik khusus.

KOMPAS.com - Telur rebus adalah olahan yang menyehatkan tubuh. Meski begitu, untuk mendapatkan telur rebus siap konsumsi, terkadang kita harus melalui proses yang kelihatannya mudah namun ternyata sangatlah rumit.

Pertama, adalah proses perebusan telur itu sendiri. Jika waktunya tak tepat, telur rebus tak bisa matang sempurna dengan bagian kuning telur yang masih basah.

Kedua, adalah proses pengupasan cangkang telur. Untuk melepas cangkang dari bagian telur yang sudah matang ini terkadang kita menemukan banyak kesulitan.

Adanya bagian telur yang menempel di cangkang dan membuat permukaan telur tak lagi nampak utuh, adalah kesulitan yang sering kita temui.

Lantas bagaimana cara yang tepat mengupas telur rebus? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips mengupas telur rebus:

Baca juga: Sarapan Pagi dengan Telur? Ini 6 Manfaatnya

1. Gunakan gelas atau mug kopi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari The Kitchn, tips ini sempat tenar di ranah Tiktok.

Mengupas telur rebus menggunakan mug kopi memang relatif cukup mudah dan efektif, meski sehabis proses pengupasan Anda harus mencuci mug dengan benar agar amis telur tak menempel di sana terlalu lama.

Dinginkan dulu telur di air es sebelum dimasukkan ke dalam mug atau gelas.Unsplash/Sharon Mccutcheo Dinginkan dulu telur di air es sebelum dimasukkan ke dalam mug atau gelas.
Caranya cukup mudah, sediakan mug dan semangkuk air es. Ketika telur sudah matang, masukkan ke dalam air es untuk mendinginkan suhu telur yang ada.

Kemudian masukkan telur ke dalam mug, tutup mug dengan tangan, dan kocok-kocok mug selama beberapa detik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.