Kompas.com - 20/09/2021, 07:02 WIB
4 warga sipil yang menjadi kru Inspiration4 di dalam SpaceX's Crew Dragon Resilience saat mereka menunggu peluncuran di atas NASA's Pad 39A di Kennedy Space Center di Florida pada 15 September 2021. Dari kiri: Chris Sembroski, Sian Proctor, Jared Isaacman dan Hayley Arceneaux. SpaceX4 warga sipil yang menjadi kru Inspiration4 di dalam SpaceX's Crew Dragon Resilience saat mereka menunggu peluncuran di atas NASA's Pad 39A di Kennedy Space Center di Florida pada 15 September 2021. Dari kiri: Chris Sembroski, Sian Proctor, Jared Isaacman dan Hayley Arceneaux.

KOMPAS.com - Empat orang astronot sipil yang tergabung dalam tim SpaceX Inspiration4 sukses menjalankan misi luar angkasa.

Melansir Reuters, Sabtu (19/9/2021), kapsul Resilience yang mereka tumpangi mendarat di lepas Pantai Florida pada pukul 19.00 waktu setempat.

Keempat astronot sipil tersebut sukses menjalankan misi mengitari orbit bumi selama tiga hari.

Misi itu juga merupakan yang pertama kalinya, di mana awak yang terlibat seluruhnya adalah orang sipil.

Direktur misi luar angkasa Inspiration4, Todd "Leif" Ericson, dalam konferensi pers seusai pendaratan, mengatakan, ini adalah tanda dimulainya era baru penjelajahan antariksa.

Baca juga: SpaceX Luncurkan Suplai ke Luar Angkasa, dari Es Krim hingga Semut

Dalam misi ini, Inspiration4 bekerja sama dengan SpaceX, perusahaan milik Elon Musk, yang berperan sebagai penyedia sarana dan operator penerbangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Elon Musk, yang juga pendiri perusahaan mobil listrik Tesla, turut mengucapkan selamat atas keberhasilan misi ini.

"Selamat @Inspiration4x," tulis Musk melalui akun Twitter pribadinya, Sabtu (19/9/2021).

Orbit tertinggi setelah Apollo

Empat turis luar angkasa yang mengorbit Bumi dalam kapsul SpaceX dengan kecepatan 17.500 mil per jam (28.162 kph) berbicara dengan bintang film Tom Cruise pada Jumat (17/9/2021). INSPIRATION4 via TWITTER Empat turis luar angkasa yang mengorbit Bumi dalam kapsul SpaceX dengan kecepatan 17.500 mil per jam (28.162 kph) berbicara dengan bintang film Tom Cruise pada Jumat (17/9/2021).
Tim Inspiration4 meluncur ke luar angkasa pada Rabu (15/9/2021) dari stasiun peluncuran roket Kennedy Space Center di Cape Canaveral.

Dalam waktu tiga jam, kapsul yang mereka tumpangi telah mencapai ketinggian orbit jelajah 585 km, atau lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.