Kompas.com - 19/09/2021, 20:22 WIB
Ilustrasi sakit gigi freepikIlustrasi sakit gigi

KOMPAS.com - Sakit gigi tentu akan membuat seseorang yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Berbagai aktivitas sehari-hari pun terganggu akibat masalah tersebut.

Gigi manusia terdiri dari tiga lapisan, yaitu enamel, dentin, dan pulpa. Enamel adalah bagian terluar gigi yang sangat keras, bahkan lebih keras dari tulang.

Lapisan di bawahnya adalah dentin, yang memiliki jaringan lebih lunak daripada enamel. Lapisan selanjutnya dan yang paling bawah adalah pulpa. Pulpa adalah jaringan lunak di dalam gigi yang berisi pembuluh darah serta saraf.

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi berlubang yang menyebabkan tereksposnya lapisan dentin dan pulpa.

Sakit gigi akibat gigi berlubang perlu mendapatkan penanganan dokter. Akan tetapi, ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri secara sementara.

Baca juga: 5 Obat Herbal untuk Atasi Gejala Asam Urat

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (6/6/2021), berikut ini 4 obat sakit gigi yang efektif redakan nyeri:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Parasetamol

Obat sakit gigi pereda nyeri yang pertama adalah parasetamol. Selain mudah didapatkan, baik di apotek maupun minimarket terdekat, obat analgesik ini juga ringan dan hampir tidak memiliki efek samping.

Saat sakit gigi, minum parasetamol dengan dosis 500 miligram (mg) setiap 6 jam sekali untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang akibat gigi berlubang.

2. Asam mefenamat

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.