Kompas.com - 19/09/2021, 20:01 WIB
Penjelasan dan klarifikasi BMKG soal potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan. Facebook KOMPAS.comPenjelasan dan klarifikasi BMKG soal potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan lalu, perbincangan di media sosial dan pemberitaan ramai dengan topik potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur.

Perbincangan soal ini berawal dari pernyataan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Ia mengatakan, pesisir Pacitan memiliki risiko bencana gempa dan tsunami yang berpotensi terjadi di pesisir selatan Jawa akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

"Berdasarkan hasil penelitian, wilayah pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit. Adapun tinggi genangan di darat berkisar antara 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4-6 kilometer dari bibir pantai," kata Dwikorita dikutip dari Antara, Minggu (12/9/2021).

Namun, di media sosial beredar narasi yang menyebutkan prediksi BMKG, bukan potensi tsunami.

Ada yang perlu diluruskan dari narasi ini. Prediksi dan potensi memiliki arti yang berbeda. Gempa dan tsunami tidak bisa diprediksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Simak selengkapnya dalam video cek fakta berikut ini!

(Video Editor: Febby Agung S | Produser: Akbar Bhayu Tamtomo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.