Kompas.com - 19/09/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi jerawat. PEXELS/ANNA NEKRASHEVICHIlustrasi jerawat.

KOMPAS.com - Jerawat mungkin masalah kulit yang hampir semua orang pernah mengalaminya.

Kebanyakan orang merasa risih bahkan cemas akibat munculnya jerawat di permukaan kulit, khususnya di bagian wajah.

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, jerawat dapat muncul akibat pori-pori tersumbat dan bakteri yang seringkali sulit untuk ditangani.

Jerawat dapat dihilangkan dengan berbagai produk kesehatan kulit yang banyak tersedia di pasaran.

Akan tetapi, produk kecantikan yang mengandung bahan kimia memiliki efek samping yang bisa berbahaya, terutama saat kulit tidak cocok dengan kandungan produk tersebut.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit, kecuali jika memiliki alergi tertentu.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Semut dengan Bahan Alami

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa tumbuhan memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antiseptik. Hal itu bisa membantu mengurangi bakteri dan peradangan penyebab jerawat, serta menyembuhkan noda bekas jerawat.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (6/4/2021), berikut ini 8 bahan alami yang dapat mengatasi jerawat secara aman.

1. Kunyit

Bahan alami untuk mengatasi jerawat yang pertama adalah kunyit. Kunyit termasuk dalam daftar rempah yang paling efektif menyelesaikan berbagai masalah kulit.

Dilansir dari ndtv.com melalui KOMPAS.com, kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah perkembangan jerawat dan membantu menghilangkan kemerahan serta pembengkakan.

Cara menggunakan kunyit untuk mengatasi jerawat adalah dengan mencampurkannya bersama susu hingga bentuknya berubah menjadi seperti pasta, kemudian oleskan di area jerawat pada wajah.

Baca juga: Home Waxing, Metode Membersihkan Bulu Tubuh dengan Bahan Alami

2. Lidah buaya

Dilansir dari genylifestyles.com melalui KOMPAS.com, ekstrak Lidah Buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang membuat tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut.

Oleskan ekstrak gel lidah buaya murni dari daun yang baru dipotong dan di area jerawat untuk mengurangi munculnya bekas jerawat.

Lidah buaya dapat dikombinasikan dengan lemon dan madu. Selain itu, minum jus lidah buaya di pagi hari juga bisa menghilangkan jerawat.

3. Pala

Pala bukan hanya dapat menambah citarasa masakan, namun rempah ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat.

Caranya:

- Campurkan 1 sendok teh susu dan 1 sendok teh bubuk pala, aduk hingga rata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.