Kompas.com - 19/09/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias Philodendron selloum. UNSPLASH/FUKAYAMAMOIlustrasi tanaman hias Philodendron selloum.

KOMPAS.com - Monstera dan Philodendron kerap dikira sama oleh banyak orang. Kedua tanaman ini memang cukup mirip, sehingga tak sedikit orang, khususnya pemula, yang sulit membedakan keduanya.

Kedua tanaman ini sama-sama tumbuh di iklim tropis, berdaun besar, dan berwarna hijau tua. Selain itu, keduanya sama-sama memiliki daun yang terbelah atau terpisah.

Akan tetapi, Monstera dan Philodendron merupakan dua jenis tanaman yang berbeda dan keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dan signifikan.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (8/12/2020), berikut ini sejumlah perbedaan Monstera dengan Philodendron.

Perbedaan Monstera dan Philodendron

Monstera merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko. Tanaman hias ini tidak membutuhkan banyak air, dapat menerima paparan sinar matahari dalam tingkat sedang, dan bisa tumbuh sangat besar.

Baca juga: Cara Merawat Monstera Variegata, Tanaman yang Terjual Rp 225 Juta

Monstera memiliki berbagai macam nama berdasarkan buah dan daunnya. Di Indonesia, jenis Monstera dengan daun berlubang dikenal dengan nama Janda Bolong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Philodendron termasuk jenis tanaman yang memiliki bunga cukup besar. Ada dua spesies Philodendron yakni Philodendron Bipinnatifidum dan Philodendron Selloum.

Philondendron berbeda dengan Monstera. Akan tetapi, masih banyak orang yang mengiranya sama atau tertukar saat menyebut keduanya.

Ditambah lagi, Monstera dan Philodendron adalah genus dari famili arum yaitu kelompok tanaman yang berukuran besar.

Oleh sebab itu, Monstera dan Philodendron sangat mirip. Keduanya memiliki kebutuhan air dan cahaya yang sama.

Baca juga: Mengapa Harga Monstera Variegata Bisa Mencapai Rp 225 Juta?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.