Kompas.com - 19/09/2021, 09:13 WIB
Perempuan peternak ayam petelur mendatangi rumah Suroto, pembentang poster ke arah Jokowi, untuk menanyakan kapan jagung bantuan Jokowi datang, Sabtu (18/9/2021) Dok. Yesi YuniPerempuan peternak ayam petelur mendatangi rumah Suroto, pembentang poster ke arah Jokowi, untuk menanyakan kapan jagung bantuan Jokowi datang, Sabtu (18/9/2021)
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Ibu-ibu peternak ayam petelur menagih janji Presiden Jokowi soal penyediaan 30.000 ton jagung dengan Rp 4.500 per kilogram.

Mereka menagih janji tersebut dengan menggeruduk rumah Suroto, pembentang poster ke arah Presiden Jokowi.

Suroto pun meminta para perempuan peternak ayam petelur itu untuk bersabar. Bantuan jagung seharga Rp 4.500 per kilogram itu sudah diputuskan Jokowi langsung tanpa konsultasi ke Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian.

"Beliau tanpa konsultasi sama Menteri Perdagangan sama Menteri Pertanian lho, langsung mengiyakan," kata Suroto kepada Kompas.com, Sabtu (18/9/2021).

Suroto yakin bantuan jagung itu akan segera datang. Hal itu juga sesuai pernyataan Menteri Pertanian Yasin Limpo yang siap menyalurkan bantuan jagung dari luar Pulau Jawa.

"Soalnya sesuai statement Pak Yasin Limpo saat itu, 'siap Bapak Presiden, dalam minggu-minggu ini segera kita siapkan, segera kita geser jagung yang ada di luar Pulau Jawa untuk dikirim ke sentra-sentra peternakan di Blitar, Jawa Tengah, dan Lampung'," kata Suroto menirukan jawaban Menteri Pertanian kepada Jokowi.

Baca juga: Digeruduk Emak-emak Usai Bertemu Jokowi di Istana, Suroto: Sabar, Janji Presiden Akan Datang Minggu Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suroto menampik kedatangan ibu-ibu peternak ayam petelur itu adalah rekayasa untuk kembali menekan pemerintah. Sebab, bantuan jagung itu keluar dari pernyataan langsung Jokowi.

Selain itu, ia juga mengaku tidak mengenal para perempuan itu, kecuali satu orang yang mengantarkan mereka ke rumahnya.

salah seorang ibu peternak ayam petelur, Yesi Yuni mengatakan, kedatangan para peternak itu untuk menagih janji Jokowi soal bantuan 30.000 ton jagung. Sebab, saat ini harga jagung untuk pakan ayam itu mahal.

Yesi menolak bahwa kedatangan ibu-ibu ke rumah Suroto itu adalah rekayasa. Mereka hanya berharap ada perhatian dari pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.