Kompas.com - 18/09/2021, 22:11 WIB
Ilustrasi tikus di dalam perangkap, perangkap tikus. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHYBYMKIlustrasi tikus di dalam perangkap, perangkap tikus.

KOMPAS.com - Tikus merupakan salah satu hewan yang kehadirannya cukup mengganggu terlebih bila di rumah. Hewan yang bisa dikategorikan hama ini tidak hanya merusak tapi juga bisa membawa bibit penyakit.

Bahkan menurut Kari Warberg Block, pakar pencegahan hama serta pendiri dan CEO EarthKind, tikus bisa menjadi salah satu hama yang lebih sulit dikenali.

Lalu apa yang harus dilakukan jika tikus sudah telanjur masuk dan berdiam di rumah Anda? Yang jelas jangan panik dan terlalu khawatir sebab ada beberapa cara untuk mendeteksi tikus mengeluarkannya dari rumah.

Baca juga: Ada Tikus di Rumah? Ini 4 Hal yang Harus Segera Dilakukan

Dilansir dari berita Kompas.com Kamis (9/9/2021), ada 4 hal yang perlu segera Anda lakukan jika mendapati tikus di dalam rumah, yakni sebagai berikut:

1. Cari tahu dari mana tikus berasal

Ketika pertama kali melihat tikus di rumah, Warberg Block mengatakan langkah pertama adalah segera mencari tahu dari mana asalnya.

"Membasmi tikus itu penting, tapi itu bukan solusi jika masih ada pintu yang membiarkan lebih banyak tikus masuk," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencari tahu di mana tikus mungkin bersembunyi, ambilah senter dan periksa di bagian bawah lemari, wastafel, peralatan seperti kompor, mesin cuci, atau di bagian belakang laci dan lemari.

Tikus biasanya senang mencari perlindungan di bagian rumah yang tidak terganggu dan tertutup.

Warberg Block menuturkan, Anda juga harus memeriksa area khusus seperti dapur, ruang kosong di bawah atau di belakang lemari, ventilasi pengering dan sistem ventilasi udara, gudang, dan loteng.

"Jika tikus masih menghindari Anda, coba rahasia super detektif ini. Taburkan bedak bayi atau baking powder di lantai di mana pun Anda pikir mungkin ada tikus," saran dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.