Kompas.com - 18/09/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi nyamuk. PIXABAY/SHAMMIKNRIlustrasi nyamuk.

KOMPAS.com - Nyamuk mungkin menjadi salah satu hewan yang paling tidak disukai manusia.

Selain dapat menyebabkan gatal di area kulit yang digigitnya, gigitan nyamuk tertentu juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya, termasuk demam berdarah.

Nyamuk juga sangat menggangu saat terbang di sekitar telinga, sebab ia akan mendengungkan suara yang cukup membuat risih.

Dilansir dari Live Science melalui KOMPAS.com, profesor entomologi di University of Arizona, Michael Riehle, dengungan yang dihasilkan nyamuk berasal dari kepakan sayapnya.

"Dengung di telinga Anda adalah efek samping dari kepakan sayap nyamuk. Suaranya tak memiliki jangkauan yang jauh, jadi Anda akan menyadarinya saat mereka terbang di sekitar telinga Anda," ujar Michael.

Baca juga: Ilmuwan China Gunakan Teknologi Nuklir untuk Membasmi Nyamuk

Dengungan yang sering didengar manusia kemungkinan besar berasal dari nyamuk betina, karena kehidupan nyamuk jantan dan betina sangat berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nyamuk jantan tidak mengisap darah manusia, mereka akan makan dengan menyesap nektar bunga.

Sementara itu, nyamuk betina harus mengisap darah setelah kawin agar memiliki energi yang cukup untuk bertelur. Selain itu, nyamuk betina juga dilengkapi alat unik untuk menemukan mangsanya.

"Dari kejauhan, nyamuk betina telah memberi tanda pada karbon dioksida yang kita embuskan. Karbon dioksida ini merangsang nyamuk betina untuk mulai mencari inang, sehingga membuatnya terbang mengikuti sumbernya," terangnya.

Artinya, nyamuk berdengung di sekitar kepala manusia karena pada area itulah karbon dioksida paling banyak ditemukan nyamuk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.