Kompas.com - 18/09/2021, 16:10 WIB
Pulau Surtsey di lepas pantai selatan Islandia. [Via Curlytales.com] Via Curlytales.comPulau Surtsey di lepas pantai selatan Islandia. [Via Curlytales.com]

KOMPAS.com - Ada banyak tempat di bumi yang jarang bakan tidak pernah terjangkau oleh manusia.

Tempat-tempat ini tidak jarang atau tidak pernah dikunjungi karena beberapa faktor.

Bisa karena aksesnya yang terlalu sulit, kondisinya yang terlalu ekstrem, lokasinya yang misterius, atau karena memang tempat tersebut dilindungi.

Berikut 10 tempat di bumi yang jarang bahkan tak pernah terjamah manusia:

Baca juga: 10 Gempa Terdahsyat di Dunia, Sejarah Mencatat 2 Terjadi di Indonesia

1. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda adalah tempat paling misterius di Samudera Atlantik yang berada di perbatasan Miami, Bermuda dan Puerto Rico.

Melansir History, 28 Agustus 2018, puluhan kapal dan pesawat telah menghilang di Segitiga Bermuda. Lokasi ini pun hingga kini masih menjadi misteri karena tidak bisa dijangkau dan diidentifikasi oleh manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapal dan pesawat yang pernah menghilang dilaporkan tidak mengirimkan pesan-pesan darurat melalui radio. Ada berbagai teori fantastis mengenai Segitiga Bermuda, tetapi belum ada yang mengidentifikasi hilangnya kapal dan pesawat tersebut.

2. Gurun Namib

Gurun Namib meurpakan salah satu gurun di Namibia. Melansir Insider, 17 Desember 2019, urun ini merupakan salah satu tempat terkering di Bumi dan sebagian besar belum dijelajahi.

Gurun Namib di Afrika diperkirakan menjadi salah satu gurun tertua di dunia. Wilayah Namib Selatan digambarkan oleh Dana Margasatwa Dunia sebagai sebagian besar belum dijelajahi, meskipun diyakini tidak memiliki banyak vegetasi.

Baca juga: Bumi Kini Punya Lima Samudra, Perkenalkan Samudra Selatan

3. Pulau Surtsey

Surtsey adalah sebuah pulau vulkanik di Islandia yang jarang terjamah oleh manusia. Pulau ini hanya pernah dibuka untuk kepentingan penelitian. Ilmuwan atau peneliti yang boleh ke sana pun harus sangat terlatih.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.