Mengenal Unsur-Unsur Berita dan Contoh Teks Berita Covid-19

Kompas.com - Diperbarui 18/09/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi Covid-19 Dok. ShutterstockIlustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Berita ialah laporan dari suatu peristiwa. Teks berita disusun berdasarkan kaidah-kaidah jurnalistik, sehingga informasi yang didapat dapat dibuktikan kebenarannya. 

Dalam buku Jurnalistik Praktis (2018) oleh Herman RN, berita adalah laporan peristiwa yang bernilai jurnalistik atau memiliki nilai berita (news value), aktual, faktual, penting, dan menarik.

Setiap berita pasti memuat unsur 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how).

Yakni apa peristiwanya, di mana dan kapan peristiwa terjadi, siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut, mengapa peristiwa terjadi, dan bagaimana peristiwa terjadi.

Berikut contoh teks berita tentang Covid-19 dan unsur-unsurnya:

Contoh 1

Puluhan Tamu Pesta Pernikahan di Restoran Ikuti Rapid Test, Sebagian Reaktif

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan pengunjung dan tamu restoran Golden Leaf International mengikuti rapid test yang saat razia protokol kesehatan selama pandemi virus corona ( Covid-19) saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita lakukan pemeriksaan rapid test antigen untuk para tamu," tegas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta Arifin saat melakukan razia di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (12/12/2020) malam.

Satpol PP DKI Jakarta melakukan razia sekaligus menyegel sementara restoran Golden Leaf karena melanggar protokol kesehatan. Restoran itu menggelar pesta pernikahan tanpa mendapatkan izin dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Bahkan, di dalam restoran itu, terdapat dua pesta pernikahan digelar sekaligus.

Selain itu, manajemen restoran juga membuka layanan karaoke privat yang belum diizinkan selama PSBB transisi di Jakarta. Beberapa pengunjung dan penyelenggara pesta pernikahan terlihat melakukan protes kepada petugas Satpol PP DKI Jakarta, saat diminta melakukan rapid test.

Hasilnya, sejumlah pengunjung terdeteksi reaktif. Petugas lalu menyegel restoran itu selama 3x24 jam dan mengenakan denda sebesar Rp 50 juta. Usai pemeriksaan, beberapa petugas dari dinas pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan di aula pernikahan serta ruangan-ruangan yang ada dalam restoran tersebut.

Pemprov DKI Jakarta melaporkan hingga Sabtu (12/12/2020), kasus positif Covid-19 di Jakarta sebanyak 151.201. Angka itu bertambah 951 kasus dari laporan pada Jumat (11/12) sebanyak 150.250.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.