Kompas.com - 18/09/2021, 09:31 WIB
Sejumlah pengunjung bioskop di TangCity Mall, Kota Tangerang, tengah mengantre untuk membeli tiket, Kamis (16/9/2021). KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALSejumlah pengunjung bioskop di TangCity Mall, Kota Tangerang, tengah mengantre untuk membeli tiket, Kamis (16/9/2021).
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Begini cara mendaftar dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang menjadi syarat masuk mal sejak 14 September 2021.

Diketahui, pemerintah mewajibkan masyarakat menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu implementasi dari perpanjangan masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 di wilayah Jawa-Bali hingga September 2021.

Hal itu diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39, 30, dan 41. Instruksi tersebut berisi penyesuaian operasional aktivitas perdagangan di supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, pasar rakyat dan pasar swalayan.

"Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi mulai tanggal 14 September 2021," demikian bunyi salah satu poin dari Inmendagri Nomor 39 tersebut.

Baca juga: Mulai Hari Ini ke Supermarket Wajib Aplikasi PeduliLindungi, Simak Cara Menggunakannya

Ada pun batas waktu jam operasional untuk supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan adalah pukul 21.00 waktu setempat. Kapasitas pengunjung pun dibatas 50 persen.

Cara mendaftar PeduliLindungi

Berikut cara mendaftar PeduliLindungi bagi Anda yang belum memahaminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Unduh atau install aplikasi PeduliLindungi lewat Play Store atau App store

2. Buka aplikasi dan berikan izin akses lokasi, penyimpanan, dan kamera

3. Buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel atau email, dan nomor KTP (NIK)

4. Bila akun telah terdaftar lakukan login dengan nomor ponsel atau email

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.