Kompas.com - 17/09/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19: Vaksin Convidecia menjadi salah satu vaksin yang mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM untuk vaksinasi di Indonesia. SHUTTERSTOCK/Chokniti KhongchumIlustrasi vaksin Covid-19: Vaksin Convidecia menjadi salah satu vaksin yang mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM untuk vaksinasi di Indonesia.

KOMPAS.com - Vaksin Convidecia sudah mendapatkan Izin Penggunaan Darurat/Emergency Use Authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Convidecia pada 7 September 2021.

Izin Penggunaan Darurat Vaksin Convidecia dikeluarkan bersamaan dengan Vaksin Janssen.

Sebelumnya, Badan POM telah mengeluarkan Izin Penggunaan Darurat untuk 7 produk vaksin Covid-19, yaitu Vaksin CoronaVac (Sinovac), Vaksin COVID-19 Bio Farma, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Sinopharm, Vaksin Moderna, Vaksin Comirnaty (Pfizer and BioNTech), dan Vaksin Sputnik-V.

Baca juga: Pendaftaran Vaksin Covid-19 Secara Online, Coba di 4 Platform Ini! 

Meski telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM, vaksin Convidecia belum tersedia stoknya di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin Convidecia belum tiba di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Belum ada ya," kata Nadia kepada Kompas.com, Jumat (17/9/2021).

Apa itu Convidecia?

Melansir laman BPOM, 7 September 2021, avksin Convidecia merupakan vaksin yang dikembangkan oleh CanSino Biological Inc dan Beijing Institute of Biotechnology juga dengan platform Non-Replicating Viral Vector, tetapi menggunakan vector Adenovirus (Ad5).

Vaksin ini diproduksi oleh CanSino Biological Inc, China, dan didaftarkan oleh PT Bio Farma sebagai pemegang izin EUA yang akan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin ini di Indonesia.

Mengutip laman resmi CanSino, vaksin Convidecia mendapatkan persetujuan bersyarat China pada 25 Februari 2021.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.