Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Pesona Cangkang Nautilus

Kompas.com - 17/09/2021, 14:49 WIB
Chambered Nautilus disebut The Living Fossil. Fosil purba yang masih hidup di abad ini, karena telah hidup lebih dari 265 juta tahun yg lalu, sebelum adanya dinosaurus. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAChambered Nautilus disebut The Living Fossil. Fosil purba yang masih hidup di abad ini, karena telah hidup lebih dari 265 juta tahun yg lalu, sebelum adanya dinosaurus.

JIKA Hamlet memandang sebuah tengkorak sambil nyeletuk, "to be or not to be", maka saya memandang bagian dalam sebuah irisan cangkang Nautilus sambil nyeletuk, "saya percaya Tuhan ada." 

(Saya belum menemukan kata bahasa Indonesia untuk nautilus maka mohon maaf bahwa di dalam naskah ini saya gunakan istilah nautilus)

Cangkang nautilus

Mohon para atheis memaafkan saya yang meyakini bahwa Tuhan ada pada saat memandang sebuah cangkang naitilus yang sedemikian indah karena rancak secara geometris yang mutahil bisa hadir secara kebetulan namun pasti berkat ada sesuatu energi atau tenaga atau zat atau entah apa yang membuatnya menjadi sedemikian indah.

Saat saya mengagumi cangkang nautilus sama dengan saat saya mengagumi Michael Anthony yang tunanetra dan autis pada usia 8 tahun secara mendadak tanpa ada yang mengajar langsung memainkan tiga sonata pianoforter terakbar Ludwig Van Beethoven “Mondschein” , “Pathetique”, “Appasionata”.

Atau Ade “Wonder” Irawan pada usia 14 tahun menggebrak panggung Sydney Opera House dengan resital piano tunggal antara lain mempergelar variasi terhadap "Waltzing Mathilda" dalam berbagai gaya jazz berdasar pesanan.

Atau Daniel Cuandy dalam sekejap mata mengetahui hari kelahiran berdasar tanggal, bulan dan tahun kelahiran siapa pun juga tanpa pernah keliru.

Atau bagaimana seorang ibu memberikan kasih-sayang secara tulus kepada anak-anaknya seperti yang dilakukan Aylawati Sarwono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada saat saya menyaksikan suatu mujizat perilaku yang mustahil saya lakukan sendiri maka saya tidak bisa tidak hukumnya wajib percaya Tuhan ada!

Rasio emas

Saya terpesona akibat pada irisan bagian dalam cangkang nautilus tampak rongga-rongga yang tersusun secara geometris di dalam cangkang dengan eksterior berbentuk spiral bersudut sama atau logaritmik.

Bentuk spiral secara kodratis memotong segenap jari-jari sekat dengan sudut konstan sama sehingga segenap sudut terpotong jari-jari memiliki sudut terus-menerus sama derajat di seputar spiral.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.