Kompas.com - 16/09/2021, 09:30 WIB
5 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo5 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

KOMPAS.com - Sertifikat vaksin Covid-19 yang ada di aplikasi dan situs web PeduliLindungi kini menjadi syarat untuk mengakses atau memasuki beberapa fasilitas, mulai dari mal hingga tempat ibadah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemakaian aplikasi dan situs web PeduliLindungi tersebut akan diterapkan pada 6 aktivitas utama masyarakat.

Keenam aktivitas tersebut yakni pada sektor perdagangan, transportasi, pariwisata, kantor atau fasilitas publik, keagamaan, dan pendidikan.

Baca juga: PeduliLindungi Akan Dipakai di Tempat Ibadah, Ini Cara Pakainya

Selain membantu pemantauan secara real time, penggunaan aplikasi dan situs web PeduliLindungi tersebut juga berfungsi sebagai tracing.

"Karena setiap kali dia melakukan aktivitas di lokais yang berbeda, dia harus tembak barcode-nya. Jadi kita tahu, kalau suatu saat kita mau tracing tentulah kita bisa lebih cepat," ujarnya saat konferensi pers pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Sementara itu, melansir laman covid19.go.id, setidaknya ada lima manfaat PeduliLindungi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi, Apa Saja?

Informasi selengkapnya terkait manfaat aplikasi PeduliLindungi dapat disimak di infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 5 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.