Kompas.com - 16/09/2021, 09:15 WIB
Mahatma Gandhi sedang memintal kain. Foto ini diambil pada tahun 1920-an. Gandhiserve.org/WikipediaMahatma Gandhi sedang memintal kain. Foto ini diambil pada tahun 1920-an.

KOMPAS.com - Hari ini 89 lalu, tepatnya 16 September 1932, Mahatma Gandhi memulai mogok makan di selnya, Penjara Yerwada, Pune.

Aksi mogok makan itu dilakukan sebagai bentuk protes kebijakan Pemerintah Inggris untuk memisahkan sistem pemilihan India berdasarkan kasta.

Melansir History, Gandhi bekerja sepanjang hidupnya untuk menyebarkan perlawanan pasifnya ke seluruh India dan dunia.

Pada 1920, konsep Gandhi tentang Satyagraha (menuntut kebenaran) membuatnya menjadi sosok yang sangat berpengaruh bagi jutaan pengikutnya.

Gandhi dipenjara oleh Pemerintah Inggris dari 1922-1924. Ia menarik diri dari aksi politik untuk sementara waktu selama tahun 1920-an.

Akan tetapi, ia kembali pada 1930 dengan kampanye pembangkangan sipil yang baru. Aksi ini kembali membawanya ke penjara, meski hanya sebentar.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tupac Shakur Meninggal Dunia akibat Luka Tembak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, Inggris membuat konsesi atas tuntutan Gandhi dan mengundangnya untuk mewakili Partai Kongres Nasional India pada konferensi meja bundar di London.

Setelah kembali ke India pada Januari 1932, Gandhi tidak membuang waktu untuk memulai kampanye pembangkangan sipil lainnya.

Untuk kesekian kalinya, Gandhi kemudian dipenjara karena aksi pembangkangan itu.

Mogok makan

Delapan bulan kemudian, Gandhi mengumumkan akan memulai "puasa sampai mati" untuk memprotes dukungan Inggris terhadap konstitusi India yang baru.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.