Kompas.com - 13/09/2021, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Di pagi hari, kopi panas adalah yang paling enak disesap berlama-lama. Sedangkan di siang hari, segelas cold brew atau es kopi adalah pilihan paling tepat untuk menghapus dahaga.

Kopi fleksibel disajikan dalam suhu panas atau suhu dingin. Para pecinta kopi sejati lebih senang menyesap kopi tubruk yang pahit panas.

Sedangkan penggemar minuman kopi, lebih suka bersenang-senang dengan adukan kopi dingin dalam beragam resep racikan.

Kopi panas dan kopi dingin tak hanya memiliki perbedaan dalam temperaturnya saja, wadah penyajian pun, memiliki perbedaan yang kentara.

Kopi panas biasa disajikan dalam cangkir keramik kecil atau paper cup ukuran cappucino. Sedangkan es kopi disajikan dalam gelas tinggi yang bening sehingga komposisi di dalamnya, termasuk tumpukan es batu, bisa terlihat jelas dan menggoda.

Lantas ada juga kah perbedaan kandungan di dalam keduanya?

Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Kopi Pagi

Kandungan kopi panas dan kopi dingin

Meski bisa memicu faktor risiko gangguan tidur dan depresi, namun kopi tetap diburu lantaran memiliki kandungan polifenol, mineral dan antioksidan yang cukup tinggi.

Ilustrasi biji kopi di dalam karung goni. SHUTTERSTOCK/MEENZFOTO Ilustrasi biji kopi di dalam karung goni.
Dilansir dari Times of India, kandungan bioaktif dalam kopi ini lah yang dicari banyak orang. Karena bisa mendongkrak semangat, bisa menurunkan berbagai risiko penyakit berat, juga bisa menyehatkan kulit.

Nah, kandungan bioaktif di dalam kopi ini ternyata tak rusak meski minuman ditambahi bahan komposisi lain seperti es batu. 

Lewat sebuah studi diketahui bahwa nutrisi alami dari biji kopi tak dipengaruhi oleh perubahan suhu.

Baik dalam suhu panas mau pun suhu dingin, polifenol, mineral dan antioksidan dalam kopi tetap mengapung-apung dalam jumlah yang sama persis.

Baca juga: Jangan Dibuang, Gunakan Limbah Kopi untuk Menyuburkan Tanaman

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.