Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Tupac Shakur Meninggal Dunia akibat Luka Tembak

Kompas.com - 13/09/2021, 09:55 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 25 tahun lalu, tepatnya 13 September 1996, bintang hip-hop Tupac Shakur meninggal dunia akibat luka tembak yang dialaminya.

Tupac Shakur meninggal pada usia 25 tahun. Sama seperti bintang-bintang lain yang mati muda, nama Tupac justru semakin dikenal setelah kepergiannya.

Lebih dari dua dekade setelah kematiannya, Tupac tetap menjadi salah satu wajah dan suara yang paling dikenal di blantika hip-hop dunia.

Rilis album yang masih terus mengalir setelah kematiannya membuat Tupac tetap berada dalam daftar artis dengan penjualan album tertinggi sepanjang masa.

Bahkan, citra dan musiknya masih eksis di kalangan penggemar dari generasi yang lebih muda berkat karya artistik yang didedikasikan untuknya, seperti film Tupac: Resurrection (2003).

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Tanjung Priok Renggut 24 Nyawa

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tupac Shakur (@2pac)

Kematian Shakur

Melansir History, kematian Tupac pada 13 September 1996 berawal dari upaya percobaan pembunuhan terhadap dirinya dua tahun sebelumnya.

Pada 30 November 1994, Tupac tertembak dan terluka parah ketika terjadi perampokan yang dilakukan oleh dua pria bersenjata di lobi gedung perkantoran di tengah kota Manhattan.

Gedung perkantoran itu menampung studio rekaman tempat Tupac tengah mengerjakan album ketiganya, Me Against the World (1995).

Tupac menuduh serangan itu dilakukan oleh produser Sean “Puff Daddy” Combs dan rapper saingannya Christopher Wallace alias “The Notorious B.I.G”.

Tuduhan Tupac, dan kepindahannya ke label rekaman yang berbasis di Los Angeles, Death Row Records, memicu perseteruan "Pantai Timur vs Pantai Barat" yang mendefinisikan skema hip-hop hingga pertengahan 1990-an.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: Detik-detik WTC Dibom Teroris dan Tewaskan 2.996 Orang dalam 149 Menit

Detik-detik kematian

Pada 7 September 1996, Tupac dan krunya datang ke Las Vegas untuk menyaksikan pertandingan tinju antara Mike Tyson vs Bruce Seldon.

Seusai pertandingan, Tupac dan rombongannya terlibat perkelahian dengan seorang pria di lobi Hotel MGM Grand.

Belakangan, pria tersebut teridentifikasi sebagai anggota dari geng jalanan yang berbasis di Los Angeles, Bloods.

Beberapa jam kemudian, Tupac duduk di kursi penumpang di dalam mobil yang dikendarai oleh kepala Death Row Records, Marian "Suge" Knight, ketika sebuah Cadillac putih berhenti di samping mereka di lampu merah di Flamingo Road dan melepaskan tembakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com