Siap-siap, Berikut 4 Tempat Wisata Jawa Timur yang Bakal Dibuka

Kompas.com - 12/09/2021, 10:38 WIB
Kolam flamingo, salah satu spot di Jatim Park 2. SHUTTERSTOCK/INTAMA GUNAWANKolam flamingo, salah satu spot di Jatim Park 2.

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengusulkan uji coba pembukaan sejumlah tempat wisata selama masa perpanjangan PPKM, termasuk empat tempat wisata di Jawa Timur.

Pihaknya bersama kementerian/lembaga terkait dan industri akan menguji coba penerapan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat wisata.

Berdasarkan keterangan pers, Kamis (9/9/2021), tahap uji coba ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021.

Adapun, Inmendagri Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Aturan ini menyatakan, sejumlah tempat wisata yang berada pada daerah PPKM Level 3 bisa dibuka kembali asalkan mereka masuk dalam daftar yang sudah ditentukan oleh Kemenparekraf.

Baca juga: Genjot Vaksinasi, Kemenparekraf Dirikan 37 Sentra Vaksinasi

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Jawa Timur sendiri, terdapat 4 tempat wisata yang masuk dalam daftar tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Taman Rekreasi Selecta
  2. Jatim Park 2
  3. Maharani Zoo and Goa
  4. Malang Night Paradise dan Museum Ganesya

Sebagai informasi, Malang Night Paradise dan Museum Ganesya merupakan dua tempat wisata yang dikelola oleh satu grup yang sama, Hawai Group Malang.

Sementara itu, dua tempat wisata yang termasuk dalam grup bisnis Malang Night Paradise, belum masuk dalam daftar Kemenparekraf. Dua tempat wisata itu ialah Hawai Waterpark Malang dan Malang Smart Arena.

Aturan selama tahap uji coba

Sebelumnya diberitakan, tempat wisata dalam daerah PPKM Level 3 bisa dibuka kembali. Syaratnya ialah masuk dalam daftar yang sudah ditentukan oleh Kemenparekraf.

Dalam daftar tersebut, tempat wisata yang direkomendasikan untuk dibuka kembali selama tahap percobaan asalkan sudah memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan Kemenparekraf, Kemenko Marves, dan asosiasi terkait.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.