Kompas.com - 12/09/2021, 09:14 WIB
Ilustrasi batuk kering sebagai salah satu gejala Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi batuk kering sebagai salah satu gejala Covid-19.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Batuk berkepanjangan sering dialami banyak orang dan merupakan gejala umum dengan banyak kemungkinan penyebabnya.

Batuk berkepanjangan biasa disebut batuk kronis dan biasanya berlangsung selama 8 minggu atau lebih.

Kondisi ini mengakibatkan penderitanya kurang tidur, nyeri otor dada, urine bocor dan lainnya, hingga membuat penderitanya menderita.

Baca juga: 17 Penyebab Batuk Berkepanjangan yang Perlu Diwaspadai

Berikut kemungkinan penyebab batuk berkepanjangan yang perlu Anda ketahui:

1. Postnasal drip

Dilansir dari Very Well Health, postnasal drip dari hay fever (rhinitis alergi), infeksi sinus, polip hidung adalah penyebab paling umum dari batuk kronis. Hay fever adalah peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan rhinitis alergi musiman, Anda mungkin bisa mencatat pola batuk. Tetapi, penyebab alergi sepanjang tahun mungkin tidak akan menunjukkan pola.

2. Asma

Meskipun penderita asma sering memiliki gejala lain, seperti mengi dan sesak napas, pada beberapa penderita asma, batuk adalah satu-satunya gejala (batuk-varian asma).

3. Refluks asam lambung

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.