Kompas.com - 11/09/2021, 19:45 WIB
Ketua KPI Pusat, Agung Suprio menegaskan Saipul Jamil boleh tampil di TV hanya untuk tujuan edukasi. DOK. Bidik layar YouTube/Deddy CorbuzierKetua KPI Pusat, Agung Suprio menegaskan Saipul Jamil boleh tampil di TV hanya untuk tujuan edukasi.

KOMPAS.com - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Agung Suprio menjadi sorotan setelah mengeluarkan pernyataan tentang boleh tidaknya artis Saipul Jamil tampil di acara televisi.

Dalam podcast yang ditayangkan di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (9/9/2021), Agung menegaskan bahwa Saipul Jamil bisa tampil di televisi hanya untuk konteks edukasi.

"Dia (Saipul Jamil) bisa tampil untuk kepentingan edukasi. Jadi misalnya ya, dia hadir sebagai ya bahaya predator, itu kan bisa juga ditampilkan seperti itu," kata Agung.

Menurut dia, Saipul Jamil bisa tampil di televisi misalnya dalam konteks wawancara atau edukasi mengenai pelecehan seksual.

Namun, untuk sementara Saipul Jamil belum bisa tampil di televisi jika tujuannya untuk hiburan.

Baca juga: Ketua KPI Disorot, Bolehkan Saipul Jamil Tampil di TV meski untuk Edukasi

Ironi

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengatakan, secara pribadi, ia menilai pernyataan Ketua KPI Pusat Agung Suprio tersebut adalah sebuah ironi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini ironi bagi saya. Bagaimana suatu edukasi bahaya predator anak justru dilakukan oleh predatornya sendiri," kata Retno, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

Ia mengkritisi sikap Saipul Jamil dalam beberapa wawancara. 

"Seolah dia dikorbankan masyarakat, karena menurutnya, dia dipenjara karena kemauan dan tekanan masyarakat, bukan karena perbuatan pencabulan terhadap anak di bawah umur yang dia lakukan," ujar Retno.

"Orang seperti ini jelas tidak pantas melakukan edukasi tentang bahaya kekerasan seksual," lanjut dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.