Kompas.com - 11/09/2021, 13:12 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menaiki motor gede Royal Enfield Classic 500 Battle Green bersama istrinya, Atalia Praratya. DOK PRIBADIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menaiki motor gede Royal Enfield Classic 500 Battle Green bersama istrinya, Atalia Praratya.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Harta kekayaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil naik Rp 6,6 miliar menurut Laporan Harta Kekaayaan Pejabat Negara (LHKPN) 2020 yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tidak curiga. Sebab, ia mengaku memiliki usaha.

"Jadi jangan curiga kalau harta meningkat dengan macam-macam. Pertama saya itu sebelum jadi wali kota, gubernur, saya kan punya usaha. Usahanya sangat menyejahterakan dibanding sekarang, masih ada," kata pria yang akrab disapa Emil ini, di gedung DPRD Jabar, Kamis (9/9/2021), dikutip Tribun Jabar.

Usaha Ridwan Kamil

Lalu apa saja usaha Ridwan Kamil yang membuat hartanya meningkat Rp 6,6 miliar?

Baca juga: Hartanya Naik Rp 6,6 M, Ridwan Kamil: Jangan Curiga, Saya Punya Usaha Menyejahterakan Dibanding Sekarang

Ridwan Kamil mengaku ia memiliki usaha di bidang arsitektur sesuai profesi dirinya sebelum menjadi pejabat publik.

Selain itu, ia juga memiliki aset berupa bangunan yang disewakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mantan wali kota Bandung ini juga memiliki tanah yang harganya meningkat setiap tahun.

"Ada bangunan-bangunan yang sifatnya disewakan kemudian apresiasi lahan kan naik bertahun-tahun. Itulah dasar kenaikan harta kami, karena dulunya kan saya pengusaha. Yang penting mah wajar aja," kata Ridwan Kamil.

Sebelumnya diberitakan, harta kekayaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengalami kenaikan dalam setahun.

Hal ini berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) 2020 yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga: Ridwan Kamil Usulkan Menara Gasibu Jadi Monumen Perjuangan Covid-19

 

Dalam laporan 2020, total harta kekayaan Ridwan Kamil mencapai Rp 20,18 miliar atau naik Rp 6,6 miliar dibandingkan 2019 yang nilainya sebesar Rp 13,54 miliar. (Sumber: Kompas.com/ Editor: David Oliver Purba)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.