Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disorot Bos Telegram, Ini Bahaya Menonton Netflix dan TikTok Bagi Otak

Kompas.com - 11/09/2021, 10:30 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian orang memilih bersantai dan melepas penat dengan menonton Netflix dan TikTok. Namun jika terlalu lama, kedua aplikasi ini dinilai bisa berpengaruh buruk bagi otak manusia.

Baru-baru ini pendiri Telegram, Pavel Durov, menyoroti bahaya mengkonsumsi informasi dari Netflix dan TikTok. Dalam unggahannya di Telegram, ia membagikan kegelisahannya mengenai kedua platform tersebut.

"Sangat disayangkan bahwa orang lebih suka memberi makan pikiran mereka tidak dengan peristiwa di kehidupan nyata yang memungkinkan untuk mengubah dunia, namun dengan seri Netflix atau video acak dari Tiktok," jelas Pavel, dikutip Enterpreneur, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, pikiran adalah alat manusia yang paling kuat. Dari banyak penelitian, pikiran dapat secara aktif menghasilkan ide-ide baru bahkan ketika kita beristirahat atau tidak melakukan apa-apa. 

Pavel menyebutkan, keadaan mental atau pikiran kita sama seperti fisik kita. Ia bergantung pada kualitas informasi yang diberikan ke otak.

"Jika kita memelihara otak kita dengan data kehidupan nyata yang memungkinkannya untuk memecahkan masalah mendasar, ia akan memproses data ini di latar belakang dan menghasilkan solusi yang tidak terduga," tulisnya.

Dengan menonton serial Netflix atau video TikTok acak, kata Pavel, otak kita tidak dapat membedakan fiksi dari kenyataan. "Sehingga banyaknya hiburan digital membuat pikiran bawah sadar kita sibuk menghasilkan solusi untuk masalah yang tidak ada," tuturnya.

Baca juga: Telegram Sindir Fitur Baru WhatsApp

Untuk menjadi kreatif dan produktif, kata dia, kita harus membersihkan dari pikiran dari lumpur lengket konten yang tidak relevan yang ditawarkan oleh daftar rekomendasi algoritma rekomendasi yang membanjiri setiap hari.

Dengan begitu, Pavel berpendapat kita bisa mengambil kembali kendali atas pikiran agar kita memiliki kebebasan dalam berkreasi.

 

Keinginan mendapatkan dopamin terus menerus

Saat hanyut ke dalam platform media sosial seperti TikTok, Netflix, atau Twitter, manusia sejatinya mengejar kebahagiaan melalui dopamin.

Dilansir oleh Bustle (11/2/2021), neuropsikolog Dr. Sanam Hafeez Psy.D menyatakan dopamin akan diterima otak ketika kita menggulir dan menemukan sesuatu yang membuat tertawa.

Dopamin adalah neurotransmitter yang dilepaskan oleh sistem penghargaan otak, dan menghasilkan perasaan senang, serta memotivasi kita untuk menemukan kejutan lain.

"Ketika Anda melihat sesuatu yang tidak Anda sukai, Anda dapat dengan cepat beralih ke sesuatu yang menghasilkan lebih banyak dopamin," kata Dr. Hafeez.

Dopamin memang mempengaruhi kemampuan manusia dalam menaruh perhatian.

Baca juga: Warganet Kini Lebih Doyan Nonton TikTok Dibanding YouTube

 

Penelitian dari 2016 di Current Biology menunjukkan bahwa ketika orang mendapatkan dorongan dopamin dari sesuatu, mereka cenderung memperhatikan hal serupa di masa depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com