Kompas.com - 11/09/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi hujan lebat
SHUTTERSTOCK/ND700Ilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com - Di awal September ini, sejumlah wilayah Indonesia bagian utara kemungkinan besar sudah memasuki musim hujan di awal September 2021.

Terjadinya hujan di beberapa wilayah di Indonesia ini membuat warganet penasaran kapan musim hujan tiba. Contohnya, seperti yang dipertanyakan beberapa akun Twitter berikut:

Baca juga: BMKG: Musim Hujan Datang Lebih Awal, Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diprediksi terjadi Desember

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi, hujan maksimal dan merata di seluruh Indonesia terjadi pada bulan Desember 2021.

"(Musim hujan terjadi) bulan Desember 2021," kata peneliti di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) BRIN Erma Yulihastin, secara singkat kepada Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Mengutip informasi dari Instagram PSTA LAPAN, wilayah Indonesia bagian selatan sementara ini masih mengalami musim kemarau yang ditunjukkan dengan curah hujan minimum.

Sedangkan, wilayah Indonesia di bagian utara menunjukkan curah hujan yang meningkat dibanding Juli dan rata-rata hujan pada Agustus.

Pada bulan September 2021, akan terjadi hujan maksimum yang terkonsentrasi di wilayah pesisir barat Sumatra bagian utara, Kalimantan bagian utara dan timur, Sulawesi bagian utara dan timur, serta Papua bagian utara.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PSTA LAPAN (@pstalapan)

Baca juga: Kuota Gratis Kemendikbud Cair Besok, Ini Cara Ceknya untuk Semua Operator

Penyebab datangnya musim hujan

Beberapa penyebab datangnya musim hujan di beberapa wilayah di Indonesia, meliputi:

  • Konsentrasi kelembapan di utara-barat Indonesia berhubungan dengan pembentukan vorteks di Samudra Hindia
  • Aktivitas gelombang MJO fase 2 dan 3 di Samudra Hindia
  • Anomali monsun musim panas Asia meluas hingga bagian utara wilayah Indonesia
  • Aktivitas gelombang meridional berkaitan monsun musim panas Asia, seperti BSISO1 fase 3 di Samudra Hindia yang berpotensi meningkatkan aktivitas konvektif di Samudra Hindia dan pembentukan hujan di sebagian Sumatra
  • Aktivitas gelombang Kelvin di laut dan atmosfer yang diprediksi menguat oleh gelombang ER sejak Agustus hingga Februari 2022.

Baca juga: BMKG Deteksi 14 Titik Panas di Indonesia, Ini yang Harus Diwaspadai

Prediksi musim hujan

Hujan maksimum dan merata di seluruh wilayah Indonesia akan mulai terjadi pada Desember 2021.

PadaJanuari-Februari 2022 di wilayah bagian barat Indonesia cenderung mengalami penurunan curah hujan. Sementara, kondisi anomali yang lebih basah diprediksi terjadi di timur Indonesia, akibat pergerakan konveksi secara zonal dari barat ke timur.

Berikut prediksi curah di bulan September 2021:

  • Wilayah Aceh, pantai barat Sumatera, Kalimantan barat dan utara, Sulawesi Barat, Maluku bagian selatan (sekitar Ambon), serta daerah pegunungan Papua diprediksi akan mengalami curah hujan yang tinggi. Curah hujan deras ini berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor
  • Wilayah Sumatera bagian timur dan Kalimantan bagian barat, mempunyai probabilitas tinggi untuk mengalami suhu tinggi di atas 32 derajat Celcius. Perlu ada antisipasi bencana kebakaran hutan di wilayah tersebut.
  • Wilayah di perairan selatan Jawa, Laut Arafuru, dan Laut Bandangin diprediksi akan mengalami angin kencang dan gelombang laut tinggi kemungkinan besar terjadi pada September-Oktober 2021. Kendati demikian, laut Jawa mempunyai kemungkinan yang tidak begitu tinggi yakni antara 40-80 persen.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.