Kompas.com - 10/09/2021, 19:30 WIB
6 Penyakit yang Awalnya Pandemi Kini Jadi Endemi KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo6 Penyakit yang Awalnya Pandemi Kini Jadi Endemi

KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, virus corona Covid-19 yang saat ini jadi pandemi dunia, akan tetap hidup dan dapat berubah menjadi penyakit endemi. 

Hal itu disampaikan oleh Wiku berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nature terhadap 100 ahli imunologi, firologi, dan peneliti penyakit menular.

Sebelumnya, pada Awal Maret 2021, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga telah memprediksi jika virus corona bisa menjadi penyakit endemi di sebuah wilayah, meskipun vaksinasi telah mulai dilakukan.

Pandemi dan endemi dibedakan berdasarkan seberapa luar tingkat penyebaran penyakitnya.

Pandemi terjadi ketika peningkatan infeksi mendadak dari suatu penyakit, yang telah menyebar di beberapa negara atau benua, serta menjangkiti banyak orang.

Sementara, endemi adalah kehadiran konstan atau prevalensi suatu penyakit atau infeksi yang biasa terjadi dalam suatu wilayah geografis.

Beberapa pandemi akhirnya bisa tertangani, tetapi tetap bertahan di sebagian wilayah. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Berikut ini daftar 6 penyakit yang awalnya pandemi kini menjadi endemi:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 6 Penyakit yang awalnya Pandemi Kini Jadi Endemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.