Kompas.com - 09/09/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi varian virus corona, WHO memberikan klasifikasi varian-varian virus corona penyebab Covid-19 yang terbagi atas Variant of Concern (VOC) dan Variant of Interest (VOI). SHUTTERSTOCK/ImilianIlustrasi varian virus corona, WHO memberikan klasifikasi varian-varian virus corona penyebab Covid-19 yang terbagi atas Variant of Concern (VOC) dan Variant of Interest (VOI).

KOMPAS.com - Kelompok Kerja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan, varian baru SARS-CoV-2 Mu atau B.1.621 tak lebih ganas dari varian Delta.

Menurut Ketua Pokja Genetik FKKMK UGM dr Gunadi, varian Mu oleh WHO dikategorikan dalam variant of Interest (VoI), sedangkan varian Delta masuk kategori Variant of Concern (VoC).

Dilansir dari Antara, Rabu (8/9/2021), karena kategorinya itu, Gunadi menyatakan, varian Delta memiliki level di atas varian Mu.

Baca juga: Saat WHO Pantau Varian Virus Corona Baru Bernama Mu...

Lantas, benarkah varian Delta lebih ganas dan berbahaya dari varian Mu?

Penjelasan Eijkman

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio membenarkan apa yang diungkapkan Ketua Pokja Genetik FKKMK UGM dr Gunadi.

"Iya, dari pengelompokannya saja kita sudah bisa melihat bahwa varian Delta itu masuk kelompoknya VoC, sedangkan Mu masuknya VoI," katanya kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (9/9/2021) malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi dari situ saja sudah kelihatan bahwa varian Delta membutuhkan perhatian yang lebih besar dari varian Mu," imbuh Amin.

Baca juga: Ramai soal Covid-22, Benarkah Lebih Berbahaya daripada Covid-19?

Menurut dia, suatu varian corona dikategorikan sebagai VoC jika telah menimbulkan permasalahan di public health atau kesehatan masyarakat.

Sementara varian corona dikategorikan VoI apabila memiliki salah satu dari empat sifat tetapi belum menjadi masalah kesehatan masyarakat.

"Empat sifat itu seperti lebih cepat menular, sulit didiagnosis, gejalanya berbeda, dan tidak sensitif lagi terhadap antibodi," kata Amin.

Baca juga: Update Zona Risiko Tinggi Covid-19, Pekan Ini Hanya Tersisa 5 Daerah, Mana Saja?

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.