Kompas.com - 09/09/2021, 12:05 WIB
Mengenal vitamin B5 yang bisa menurunkan kolesterol. Unsplash/Julia ZolotovaMengenal vitamin B5 yang bisa menurunkan kolesterol.

KOMPAS.com -  Kebutuhan nutrisi tubuh bisa tercukupi dengan mengonsumsi berbagai macam bahan pangan yang mengandung vitamin.

Vitamin sendiri tersedia banyak sekali. 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tersedia dalam berbagai macam bahan makanan alami. 

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin B5. Vitamin ini mengandung asam pantothenic dan pantothenate, dua senyawa penting yang bisa mendukung metabolisme tubuh.

Pantothenic sendiri memiliki arti "dari mana-mana", hal ini selaras dari vitamin B5 yang memang bisa ditemukan hampir di banyak bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Baca juga: Cara Benar Mengonsumsi Buah agar Vitamin Bisa Terserap Maksimal

Manfaat vitamin B5

Asam pantothenic adalah senyawa penting yang bisa bergandengan tangan dengan vitamin B lainnya dan menjadi senyawa utama dalam suplemen vitamin B kompleks. 

Ilustrasi vitamin untuk daya tahan tubuhfreepik Ilustrasi vitamin untuk daya tahan tubuh
Vitamin B kompleks, dibutuhkan tubuh untuk melancarkan metabolisme tubuh, mengubah makanan jadi energi, memproduksi sel darah merah, juga menjaga kesehatan kulit, rambut, mata dan hati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Live Science, vitamin B5 sendiri memiliki fungsi penting. Vitamin ini bertugas memproduksi sel darah merah, memproduksi hormon-hormon seks, menyehatkan saluran cerna, membantu memproses vitamin B lain agar bisa terserap tubuh,  dan memproses kolesterol.

Dalam hal memproses kolesterol, suplemen vitamin B5 bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Selain manfaat di atas, pantothenic juga bisa digunakan untuk menurunkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes, meredakan arthritis, mengatasi berbagai gangguan pada kulit, menyembuhkan carpal tunnel syndrome, menyembuhkan infeksi mata, mengatasi insomnia, mengatasi kejang otot dan masih banyaj lagi.

Baca juga: Perhatikan Dosis, Ini Bahayanya Overdosis Konsumsi Vitamin

Sumber vitamin B5 dan dosis pemakaian

Kita bisa mendapatkan vitamin B5 dari berbagai bahan alami seperti jamur, alpukat, kacang-kacangan, susu, telur, kubis, jeroan, brokoli, sereal, kentang manis, dan makanan olahan seperti yoghurt.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.