Kompas.com - 09/09/2021, 10:56 WIB
Suasana Lapas Kelas I Tangerang beberapa jam usai terjadi kebakaran yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari. Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALSuasana Lapas Kelas I Tangerang beberapa jam usai terjadi kebakaran yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari. Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari.

KOMPAS.com – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) Choirul Anam mengatakan, pihaknya akan meninjau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, pada hari ini, Kamis (9/9/2021).

Lapas Kelas I Tangerang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

Sebanyak 41 orang narapidana (napi) meninggal dunia karena peristiwa itu, dan puluhan lainnya mengalami luka berat dan ringan.

Anam mengatakan, Komnas HAM ingin menggali lebih jauh mengenai penyebab kebakaran.

“Saya sedang dalam perjalanan ke TKP. Jam 8 nanti ada pertemuan,” ujar Anam saat dihubungi Kompas.com, Kamis pagi.

Baca juga: Kebakaran Lapas Tangerang dalam Sorotan Dunia, dari Kapasitas hingga Sistem Kelistrikan

“Kami tinjau lokasi melihat penyebab kenapa peristiwa terjadi, dan menggali berbagi informasi khususnya terkait dengan korban yang meninggal,” lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anam menekankan, penting untuk mengungkap secara transparan mengapa peristiwa itu bisa terjadi.

Selain itu, Komnas HAM akan memastikan hak-hak korban. 

“Yang pasti bagi kami penting untuk pengungkapan secara transparan, terkait hak-hak korban, dan harus menjadi pembelajaran ke depannya agar tidak berulang,” kata Anam.

Diduga karena korsleting listrik

Sebelumnya, pihak kepolisian menduga, peristiwa terjadi karena adanya hubungan arus pendek listrik dan adanya dugaan tindak pidana.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.