Kompas.com - 09/09/2021, 07:30 WIB
Tangkapan layar pesan soal pengumuman pemenang hadiah undian yang disebut akan ditransfer oleh Bank Indonesia. WhatsAppTangkapan layar pesan soal pengumuman pemenang hadiah undian yang disebut akan ditransfer oleh Bank Indonesia.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar pesan yang menyebutkan ada undian berhadiah uang yang akan ditransfer oleh Bank Indonesia.

Dalam pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp itu, si pengirim memberitahukan kepada penerima bahwa ia perlu mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi untuk mencairkan hadiahnya.

Saat dikonfirmasi, Bank Indonesia menyatakan tidak pernah melakukan aktivitas transfer undian berhadiah seperti dalam pesan yang beredar.

Masyarakat diminta berhati-hati terhadap modus seperti ini yang diindikasi sebagai penipuan.

Narasi yang beredar

Berdasarkan informasi yang diterima Tim Cek Fakta, sejumlah orang menerima pesan mengenai undian berhadiah yang akan ditransferkan dana melalui Bank Indonesia.

Salah satu format pesan yang dikirimkan oleh oknum tertentu adalah sebagai berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami dari pihak Bank Indonesia menyampaikan kami sudah proses rekening anda di komputer silakan diselesaikan biaya administrasi transger hadiah Anda yang tertera di komputer Bank Indonesia sebagai kewajiban Anda senilai Rp.5.750.000 setelah pemilik hadiah sudah menyelesaikan biaya administrasi silakan di informasikan foto bukti transfernya melalui via WhatsApp dan kami langsung proses Hadiah Anda secara otomatis terinput masuk di rekening anda senilai Rp 181.000.000 yang sudah diakumulasikan sesuai dengan pengeluaran pemenang dan pemenang yang sudah mengeluarkan biaya administrasi mohon jangan dikhawatirkan karena semuanya tergantikan kembali semuanya bersifat sementara".

Tangkapan layar pesan soal pengumuman pemenang hadiah undian yang disebut akan ditransfer oleh Bank Indonesia.WhatsApp Tangkapan layar pesan soal pengumuman pemenang hadiah undian yang disebut akan ditransfer oleh Bank Indonesia.
Selain itu, ada juga beberapa pesan yang melampirkan foto bukti transaksi transfer melalui struk atm.

Konfirmasi Kompas.com

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan bahwa pesan tersebut adalah hoaks, bukan dari Bank Indonesia.

"Enggak ada, penipuan itu," ujar Erwin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.