Kompas.com - 06/09/2021, 19:30 WIB
Seorang perempuan melintas di depan pasar ikan di Kota Wuhan, China, yang ditutup terkait dugaan sebagai lokasi awal merebaknya virus misterius di negara itu, Minggu (12/1/2020). Virus misterius mirip pneumonia telah menjangkiti puluhan orang dan menelan korban jiwa kedua di China, menurut pemerintah setempat. AFP/NOEL CELISSeorang perempuan melintas di depan pasar ikan di Kota Wuhan, China, yang ditutup terkait dugaan sebagai lokasi awal merebaknya virus misterius di negara itu, Minggu (12/1/2020). Virus misterius mirip pneumonia telah menjangkiti puluhan orang dan menelan korban jiwa kedua di China, menurut pemerintah setempat.

KOMPAS.com - Asal usul virus corona penyebab pandemi Covid-19 masih menjadi misteri dan terus diselidiki. 

Baru-baru ini, ilmuwan yang juga epidemiolog dari Universitas Columbia, Ian Lipkin mengklaim bahwa dia pertama kali mengetahui virus corona penyebab Covid-19 di Wuhan, China pada 15 Desember 2019.

Tanggal tersebut hampir dua pekan sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkannya pada akhir Desember 2019.

Baca juga: Peluang Ungkap Asal Usul Covid-19 Hampir Tertutup, Lalu Bagaimana Selanjutnya?

WHO terlambat diberi tahu

Dikutip dari DailyMail, Senin (6/9/2021), dalam sebuah film dokumenter yang digarap oleh sutradara Spike Lee, Prof Lipkin mengatakan, ia mengetahui wabah itu lebih dulu.

Namun China mengklaim hanya ada 5 pasien yang tertular dari seorang pasien dengan virus corona baru yang diduga muncul satu minggu sebelumnya.

WHO tidak diberi tahu adanya temuan virus selama 16 hari setelah Taiwan membunyikan alarm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penundaan pengumuman ini memungkinkan virus menyebar dengan cepat, dengan konsekuensi bencana wabah.

"Latar belakang virus di Wuhan masih menimbulkan banyak pertanyaan yang sangat membutuhkan jawaban untuk memastikan kita menghindari terulangnya pandemi yang telah sangat merugikan kita semua," ujar Ketua Komite Urusan Luar Negeri, Tory Tom Tugendhat.

Menurut dia, China perlu berhenti memasang penghalang untuk memastikan dunia dapat memahami apa yang terjadi dan mempelajari semua yang diperlukan untuk mencegah pandemi.

Baca juga: Peneliti WHO Ungkap Asal Usul Virus Corona hingga Cara Penyebarannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.