Aneka Curahan Hati Warga Usai Bupati Banjarnegara Terjerat Korupsi

Kompas.com - 05/09/2021, 09:15 WIB
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono. Instagram @buhdisarwonoBupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.

KOMPAS.com - Masyarakat menunjukkan aneka respons dan ekspresi usai Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (3/9//2021).

KPK menetapkan Budhi Sarwono atau yang karib disapa Wing Chin sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2017-2018.

Tak hanya Bupati Banjarnegara periode 2017-2022 tersebut, KPK menetapkan satu orang tersangka dari pihak swasta kepercayaan Budhi bernama Kedy Afandi.

Dalam kasus tersebut, KPK menduga Budhi menerima commitment fee atas berbagai pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara sekitar Rp 2,1 miliar.

Budhi juga diduga berperan aktif dalam pelaksanaan lelang pekerjaan infrastruktur, di antaranya, membagi paket pekerjaan di Dinas PUPR, mengikutsertakan perusahaan milik keluarganya, dan mengatur pemenang lelang.

Baca juga: KPK Sebut Punya Bukti Kuat Budhi Sarwono Terima Fee Rp 2,1 Miliar

Di hadapan awak media, Budhi sempat membantah dugaan penerimaan fee dari berbagai proyek infrastruktur di Banjarnegara itu. Ia justru meminta agar KPK membuktikan pemberian uang dari pemborong tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Budhi juga membantah sebagai pemilik perusahaan Bumi Redjo. Namun, ia mengakui perusahaan tersebut milik orangtuanya.

Kendati demikian, Bupati Banjarnegara ini menyatakan bakal mengikuti proses hukum yang kini menjeratnya.

Di daerah yang ia pimpin, warga Kabupaten Banjarnegara memberikan tanggapan yang beragam mengenai kasus ini. Sebagian dari mereka melakukan kegiatan sebagai bentuk curahan hati.

"Semoga tidak kembali lagi ke Banjarnegara"

Salah satu reaksi warga usai penahanan Budhi Sarwono ialah pemasangan sejumlah spanduk di sekitar Alun-alun Banjarnegara, Jawa Tengah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.