Kompas.com - 03/09/2021, 14:00 WIB
Salt therapy menggunakan garam alami bisa digunakan melancarkan saluran napas. Unsplash/Anastasia ZheninaSalt therapy menggunakan garam alami bisa digunakan melancarkan saluran napas.

KOMPAS.com -  Gangguan pernapasan sangat mengganggu. Mulai dari batuk kering karena alergi debu, batuk karena asma, juga batuk karena bronkitis.

Selain diredakan dengan obat-obatan kimia, ada pula berbagai terapi alami dan herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan aneka gangguan pernapasan ini.

Salah satunya adalah salt therapy atau terapi garam, yaitu terapi tubuh menggunakan garam dalam bentuk butiran-butiran kasar. 

Dilansir dari Times of Indiaterapi ini sudah digunakan oleh banyak orang bertahun-tahun lamanya.

Menghirup uap dari garam, dipercaya bisa melancarkan saluran napas dan menghalau berbagai faktor penyebab batuk.

Baca juga: 5 Ramuan Herbal untuk Obati Batuk dan Pilek dengan Bahan Alami

Metode salt therapy

Ada berbagai cara dalam melakukan salt therapy atau disebut juga dengan nama haloterapi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terapi yang konon katanya berasal dari Eropa Timur ini menggunakan garam murni, seperti garam rock salt

Danau garam di Bolivia, bisa digunakan untuk salt therapy.Unsplash/Alexander Schimm Danau garam di Bolivia, bisa digunakan untuk salt therapy.
Di Eropa Timur, terapi menghirup uap garam dilakukan secara alami. Yaitu duduk tenang di gua dan danau bergaram, seperti di Laut Mati di perbatasan Yordania, Israel dan Tepi Barat.

Karena wilayah lain tak memiliki tempat wisata sumber garam alami, maka diciptakan lah mesin khusus bernama halogenerator.

Jadi dalam terapi ini, garam atau mineral alami yang ada tidak dikonsumsi secara oral, melainkan dihirup bersama uap atau udara yang dipompakan keluar menggunakan halogenerator.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.