Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Lolos Kartu Prakerja? Segera Beli Pelatihan Agar Tidak Di-blacklist

Kompas.com - 29/08/2021, 21:54 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 19 akan ditutup Minggu (29/8/2021) pukul 23.59 WIB. Untuk Kartu Prakerja gelombang 19 ini kuota yang diberikan berjumlah 800.000 pendaftar.

Jika Anda berhasil lolos pendaftaran dan menjadi peserta Kartu Prakerja, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membeli pelatihan yang tersedia dengan saldo yang telah disediakan manajemen.

Seperti diberitakan Kompas.com Jumat (27/8/2021), sesuai aturan, peserta diberi tenggat waktu hingga 30 hari untuk mengikuti pelatihan yang tersedia setelah dinyatakan diterima menjadi peserta.

Baca juga: Jangan Sampai Di-blacklist, Segera Beli Pelatihan Buat Kartu Prakerja Gelombang 18

Berdasarkan aturan, peserta diberi waktu sekitar 30 hari untuk mengikuti pelatihan yang tersedia, setelah dinyatakan diterima menjadi peserta.

Ada konsekuensi yang didapat oleh peserta seandainya tidak segera mengikuti pelatihan sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Konsekuensinya yakni nama peserta akan di-blacklist atau kepesertaannya akan dicabut.

Mereka yang dicabut kepesertaannnya otomatis masuk ke dalam daftar blacklist Kartu Prakerja, sehingga tidak bisa mendaftar Kartu Prakerja lagi.

"Pastikan sobat memilih pelatihan dengan seksama karena kesempatan sobat untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali. Jadi, pilih pelatihan dengan bijak," kata manajemen dari Instagram @prakerja.go.id, Jumat (27/8/2021).

Cara membeli pelatihan Kartu Prakerja

Saat ini, ada tujuh platform pelatihan yang sudah menjalin kerja sama dengan Kartu Prakerja, yaitu Bukalapak, Kemnaker, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Pintaria, Karier.mu Sekolah.mu, dan Tokopedia.

Peserta bisa memilih pelatihan di salah satu platform yang disukai. Setelah membeli pelatihan, biasanya ada kode voucher yang disediakan.

Kode voucher ini akan tampak setelah melakukan pembelian pelatihan di platform digital. Peserta hanya perlu mengeceknya di halaman transaksi atau di email yang terdaftar.

Langkah selanjutnya setelah mendapat kode voucher adalah buka website lembaga pelatihan yang sebelumnya sudah dipilih, kemudian cari pelatihan yang sudah dibeli.

Masukkan kode voucher tadi dan selanjutnya peserta sudah bisa mengikuti pelatihannya.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 19 Ditutup Malam Ini, Segera Daftar di www.prakerja.go.id

Namun apabila peserta mengalami kendala tidak bisa menggunakan kode voucher, bisa menghubungi menghubungi contact center yang tertera.

Jika peserta memilih pelatihan di platform Bukalapak, maka kamu bisa hubungi 150133, Kemnaker 1500630, Mau Belajar Apa di 08118807172, Pijar Mahir 082111113630, Pintaria di www.pintaria com, Karier.mu Sekolah.mu di 081315792171, dan Tokopedia www.tokopedia.com/help.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com