Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Orang Tahu, Perlawanan KH Zainal Musthafa Disebut Pemberontakan Sipil Terbesar di Jawa terhadap Jepang

Kompas.com - 28/08/2021, 18:00 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Perlawanan Ajengan Sukamanah, KH Zainal Musthafa, di Tasikmalaya pada tahun 1944, disebut sebagai pemberontakan sipil terbesar dalam sejarah militer Jepang di Jawa.

Hal itu memang diakui sendiri oleh Kenpeitai, polisi militer Jepang, yang berhadapan dengan KH Zainal Musthafa beserta ribuan pengikutnya yang terjadi pada Jumat, 18 Feburari 1944.

Pengakuan itu disampaikan Keinpetai melalu sebuah dokumen yang diterbitkan dalam buku The Keinpeitai in Java and Sumatra (2010), karya S Barbara Gifford Shimer dan Guy Hobbs.

Buku tersebut kemudian dikutip Iip D Yahya dalam buku biografi KH Zainal Musthafa berjudul Ajengan Sukamanah (2021).

Buku tersebut dibedah oleh KNPI Kabupaten Tasikmalaya secara online dan offline pada Sabtu (21/8/2021).

Perlawanan Ajengan Sukamanah

Pertempuran di Pesantren Sukamanah antara KH Zainal Musthafa atau KH Zainal Mustafa bersama ribuan pengikutnya melawan militer Jepang terjadi pada Jumat, 18 Februari 1944.

Baca juga: Meluruskan Sejarah, Ini Foto Asli KH Zainal Musthafa, Pahlawan Asal Tasikmalaya

Awalnya, Ajengan Sukamanah ini menentang sejumlah kebijakan kolonal Jepang yang merugikan dan menindas rakyat Indonesia.

Kebijakan pertama adalah soal upeti padi yang membebani rakyat. Apalagi saat itu kondisi sedang paceklik hingga membuat rakyat kesulitan.

Kebijakan kedua yang ditentang KH Zainal Musthafa adalah kerja paksa (romusha). Jepang sudah mengirimkan tenaga kerja paksa ke seluruh wilayah di Indonesia dan Asia sejak Oktober 1943.

Selanjutnya kebijakan ketiga yang dinilai melukai umat Islam dan sangat ditentang Ajengan Sukamanah adalah kewajiban kyujo yohai, yakni menghormati istana Kaisar Jepang di Tokyo dengan cara membungkukkan badan arah timur mirip ruku dalam shalat. Kebijakan ini dikenal pula sebagai saikeirei.

Pada tahun 1944, kebijakan upeti beras semakin keras. Bahkan banyak santri yang hendak mondok di Pesantren KH Zainal Musthafa dirampas bekalnya oleh tentara Jepang dan antek-anteknya. Kondisi itu tentu saja meresahkan masyarakat dan membuat Ajengan Sukamanah kian marah.

Kemarahan dan sikap perlawanan Ajengan Sukamanah terhadap kolonial ditunjukkan dengan ceramahnya yang keras terhadap Jepang. Selain itu, Ajengan Sukamanah juga menolak melakukan saikeirei setiap menghadiri pertemuan dengan pemerintah atau juga perkumpulan ulama.

Sikap Ajengan Sukamanah seperti itu mulai terendus militer Jepang. Pihak Jepang menganggap bahwa KH Zainal Musthafa hendak melawan kolonial.

Apalagi, pihak militer Jepang juga mendengar informasi dai mata-matanya bahwa Ajengan Sukamanah sedang melatih santri dan masyarakat ilmu bela diri pencak silat.

Pihak Jepang mengira bahwa KH Zainal Musthafa akan memberontak, padahal pelatihan itu sesungguhnya untuk penjagaan karena kala itu situasi keamanan di sekitar pesantren sedang genting. Banyak perampokan dan pencurian akibat kemiskinan pasca-kebijakan upeti paksa padi oleh Jepang.

Selain itu, ada miskomunikasi antara mata-mata Jepang dan Kenpeitai. Mata-mata yang kemungkinan dari pribumi yang berbahasa Sunda ini mengolah informasi ke dalam bahasa Melayu. Lalu dari bahasa Melayu ditafsir ulang ke dalam bahasa Jepang oleh pihak Jepang yang baru bisa berbahasa Melayu.

“Kesalahpahaman sangat mungkin terjadi dalam proses ini,” kata Iip D Yahya, penulis Ajengan Sukamanah saat bedah buku, pekan lalu.

Setelah mendapat banyak informasi mengenai gerak-gerik Ajengan Sukamanah itu, Kenpeitai yang merupakan militer Jepang paling galak dan kejam itu kemudian meminta KH Zainal Musthafa untuk datang ke markas Kenpeitai di Tasikmalaya.

Mereka mengutus mulai kiai hingga aparat pemerintah seperti camat untuk membujuk Ajengan Sukamanah agar mendatangi markas Kenpeitai di Tasikmalaya. Namun Ajengan Sukamanah menolak tegas ajakan itu.

Selanjutnya, militer Jepang mengutus polisi setempat yang sudah tunduk pada kolonial untuk membujuk KH Zainal Musthafa. Para polisi itu kemudian mendatangi pesantren Ajengan Sukamanah pada Kamis, 17 Februari 1944.

Namun bukannya berhasil membujuk Ajengan Sukamanah, para polisi itu malah mendukung Sang Kiai. Hal itu dibuktikan dengan tidak melakukan perlawanan ketika santri KH Zainal Musthafa melucuti senjata para polisi itu. Bahkan mereka ikut shalat berjamaah dan mengikuti ceramah KH Zainal Musthafa.

Karena para polisi dari pribumi itu gagal, lalu Kenpeitai kembali mengutus 4 tentara Jepang dan satu penerjemah pada Jumat, 18 Februari 1944. Keempat tentara Jepang itu adalah Sersan Kobayashi, Sersan Nakamikawa, Kopral Okuni dan Kopral Kuwada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com