Kompas.com - 28/08/2021, 10:20 WIB
Ilustrasi COVID-19 Ilustrasi COVID-19
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Para ilmuwan yang ditunjuk Oganisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa peluang untuk menyelidiki asal usul Covid-19 hampir tertutup.

Hal ini menyebabkan beberapa studi biologis soal asal usul SARS-Cov-2 ini menjadi tidak mungkin.

Sebelumnya, pada Januari lalu tim WHO berkunjung ke Wuhan, China, tempat kasus pertama Covid-19 dilaporkan. Kemudian mereka menerbitkan hasil penelitian di Wuhan itu pada Maret 2021 lalu.

Dari penelitian itu, mereka merekomendasikan beberapa hal:

1. Mencari bank darah di China dan negara-negara lain untuk antibodi terhadap virus (Covid-19) dalam darah yang disumbangkan pada bulan-bulan sebelum wabah Desember 2019.

2. Mengambil sampel dari hewan liar yang diternakkan seperti cerpelai dan anjing rakun yang mungkin menjadi "inang perantara" dan memungkinkan virus melompati spesies.

Baca juga: Penyelidikan Mandek, Peluang Ungkap Asal Usul Covid-19 Hampir Tertutup

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun rekomendasi itu sulit dilakukan. Alasannya, pertama hewan ternak berumur pendek dan bank darah hanya bisa menyimpa sumbangan dalam jangka waktu tertentu.

Dua hal itu menyebabkan para peneliti khawati bahwa informasi biologis yang berharga kemungkinan telah hilang.

Profesor Koopmans juga mengakui bahwa penelitian objektif soal asal usul Covid-19 kian sulit ketika penyelidikan ilmiah bercampur aduk dengan tuduhan politis bahwa virus ini muncul sebagai akibat dari kebocoran laboratorium di Wuhan.

Apalagi, berdasarkan hasil penelitiannya, virus Covid-19 bocor dari laboratorium di China "sangat kecil". Tim tidak menemukan bukti signfikan soal dugaan itu.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.