Deretan Ponsel ini Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp Mulai November 2021, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 27/08/2021, 18:47 WIB
ilustrasi WhatsApp mashable.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Sejumlah ponsel pintar atau smartphone dari berbagai merk dan tipe tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp mulai 1 November 2021 mendatang.

Ini tidak hanya berlaku bagi ponsel dengan sistem operasi Android tapi juga ponsel berbasis iOS.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Seperti diberitakan Kompas.com yang mengutip dari ctpost.com Rabu (25/8/2021), alasan pihak WhatsApp tidak lagi menyediakan support bagi sejumlah ponsel tersebut adalah untuk memfokuskan upaya perusahaan pada smartphone generasi terbaru.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp Mulai 1 November 2021

Dikutip dari laman resminya, WhatsApp menginformasikan bahwa smartphone yang menjalankan sistem operasi lawas Android 4.0.4 atau yang lebih lama dari dua versi itu, tidak akan bisa menggunakan WhatsApp per 1 November 2021.

"WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan sistem operasi 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021," demikian tulis WhatsApp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Silakan ganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut," lanjut WhatsApp di situs resminya.

Itu artinya smartphone yang masih menggunakan sistem operasi Android 4.0 fdan iOS 9 ke bawah tidak lagi dapat menggunakan WhatsApp.

Sistem operasi Android 4.0 yang juga dikenal dengan nama kode Ice Cream Sandwich (ICS) diluncurkan pada tahun 2011 silam. Itu artinya sistem operasi Android 4.0 sudah berusia kurang lebih sepuluh tahun.

Sedangkan pada iPhone, sistem operasi harus diperbarui menjadi iOS 10 atau di atasnya agar bisa menggunakan WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.