Kompas.com - 27/08/2021, 10:45 WIB
Ilustrasi tanaman hias areca palm atau palem kuning di dalam rumah. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi tanaman hias areca palm atau palem kuning di dalam rumah.

KOMPAS.com - Aktivitas dalam ruangan selama pandemi mendorong orang untuk berkreasi dengan tanaman hias. Merawat tanaman hias di dalam rumah jadi terasa menyenangkan karena dipercaya meningkatkan mood.

Tak dapat dipungkiri, hiasan tanaman dapat membuat ruangan lebih hidup, lebih nyaman, dan elegan. 

Beberapa varietas tanaman hias dalam ruangan alias tanaman hias indoor juga membantu membersihkan udara dari racun yang berbahaya.

Walaupun tanaman dalam ruangan biasanya berfungsi untuk tujuan dekorasi, penelitian menunjukkan bahwa tanaman memiliki efek positif pada psikologi manusia.

 

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (4/4/2021), penelitian terbaru menunjukkan bahwa tanaman juga dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental manusia.

Enam dari 10 orang dewasa percaya tanaman dalam ruangan memiliki kemampuan menenangkan. Sedangkan empat dari 10 orang, mengatakan jika tanaman hijau membuat mereka bahagia dan 55 persen percaya itu adalah bagian penting untuk membuat rumah terasa lebih nyaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman dalam ruangan juga dapat membersihkan udara di dalam rumah. Tanaman tropis dan semi tropis biasa digunakan sebagai tanaman hias.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Daun Tanaman Hias Mengilap, Pakai Susu hingga Mayones

Pertimbangkan pula beberapa faktor penting seperti kualitas tanah, suhu, cahaya, sinar matahari, pergerakan orang, ruang yang tersedia, dan frekuensi penyiraman tanaman.

Sebab tanaman dalam ruangan juga membutuhkan sinar matahari tidak langsung untuk tumbuh. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa tanaman akan tetap mendapatkan sinar matahari tidak langsung.

Berikut deretan inspirasi cara terbaik untuk menghias tanaman dalam rumah Anda:

1. Tema tropis

Dilansir dari Roohome, Minggu (21/2/2021), ruangan yang didekorasi penuh dengan tanaman indoor hijau disebut dengan tema tropis. Ruang tamu dapat sepenuhnya didesain ulang dengan tanaman sesuai dengan seleramu.

Tanaman besar bisa diletakkan di sudut ruang tamu sedangkan tanaman kecil bisa diletakkan di atas meja yang sudah ditata di ruang tamu. Anda juga bisa menggunakan pot gantung untuk dekorasi.

2. Tanaman besar ditata di samping sofa

Dekorasi ruang tamu dengan tanaman dalam ruangan tidak selamanya harus menggunakan rak dan meja.

Anda bisa memanfaatkan ruang ekstra di samping sofa dengan menempatkan tanaman hias berukuran besar. Dengan demikian, tanaman akan terlimat megah dan luar biasa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.