Kompas.com - 26/08/2021, 09:40 WIB
Ilustrasi essential oil atau minyak esensial. SHUTTERSTOCK/MADELEINE STEINBACHIlustrasi essential oil atau minyak esensial.

KOMPAS.com - Penggunaan essential oil kini kini menjadi tren. Di media sosial, beredar informasi yang menyebutkan penggunaan essential oil bisa menyebabkan gangguan pada hewan peliharaan

"Untuk orang yang bela haiwan di rumah please jangan guna essential oils. Essential oils can pose a toxic risk to household pets, especially to cats," tulis @izzahruangyodd dalam twitnya.

Benarkah informasi itu?

Baca juga: Viral, Video Ikan Gabus Berwarna Oranye, Ini Penjelasan Ahli

Penjelasan ahli

Wakil Direktur Bidang Pendidikan RSH Prof Soeparwi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM), Dr drh Slamet Raharjo, mengatakan, ada dua tipe essential oil yang perlu diketahui.

Dua tipe itu adalah essential oil volatil dan essential oil tidak volatil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyebutkan, essential oil volatil (minyak yang mudah menguap) tetap aman bagi hewan peliharaan.

"Essential oil volatil sehingga ketika terhirup hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung maupun reptil tetap aman," ujar Slamet saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/8/2021).

"Sedangkan yang non-volatil selama tidak terhirup, aman," lanjut dia.

Ia menjelaskan, essential oil pada humidifier atau diffuser (alat pelembab udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara) lebih difungsikan untuk menambah aroma seperti pada penggunaan untuk aromaterapi.

Secara umum, konsentrasi yang digunakan pada humidifier maupun diffuser biasanya sangat rendah, berkisar 3-5 per mil (ppm).

Ketika uap air tersebar di udara dalam butiran yang sangat halus, maka kadar essential oilnya semakin berkurang. Essential oil yang digunakan adalah essential oil volatil. 

Perhatikan ini

Meski ruangan menjadi wangi dan segar, ternyata ada dampak yang berpengaruh pada hewan peliharaan jika kita menggunakan essential oil dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.