Kompas.com - 23/08/2021, 18:00 WIB
Bau apek sepatu bisa terjadi karena kaki yang berkeringat. Unsplash/Jakob OwensBau apek sepatu bisa terjadi karena kaki yang berkeringat.

KOMPAS.com - Meski sudah sering dicuci, sepatu tetap bisa rentan berbau apek. Apalagi jika Anda mengenakan sepatu dalam jangka waktu lama tanpa pernah dilepas sedikit pun.

Meski hanya digunakan untuk duduk atau berjalan pelan, kaki bisa tetap berkeringat. Keringat ini akhirnya akan menempel di sepatu dan membuat sepatu memiliki kelembaban cukup tinggi.

Area lembab pada sepatu ini lah yang akhirnya memancing bakteri untuk tumbuh. Dan bakteri, adalah yang akhirnya melahirkan bau tak sedap pada sepatu.

Untuk mencegah sepatu berbau tak sedap, Anda harus mencari dan mengatasi sumber masalahnya terlebih dahulu, yaitu menjaga agar kaki dan sepatu tetap kering dan tak lembab.

Baca juga: Cara Membersihkan Oven Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Seperti tidak mengenakan sepatu yang sama beberapa hari berturut-turur, agar sepatu memiliki waktu istirahat untuk mengeringkan kelembaban yang ada di dalamnya.

Selain itu, kenakan pula kaos kaki agar keringat bisa terserap di kaos kaki dan tidak membasahi dinding dan alas sepatu.

Nah jika sepatu sudah terlanjut berbau tak sedap, Anda harus segera mengatasinya agar bau apek tak mendekam terlalu lama dan membuat sepatu makin berbau.

Baca juga: Manfaat Kulit Pisang, Bahan Kudapan hingga Alat Membersihkan Sepatu

Cara menghilangkan bau apek sepatu

Ilustrasi sepatu kanvas (Dok. SHUTTERSTOCK/SEBRA) Ilustrasi sepatu kanvas
Ketika sepatu sudah sangat berbau, cek kondisi sepatu. Jika masih terasa basah dan lembab, segera keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Atau ambil koran bekas, remas-remas, dan masukkan ke dalam lubang sepatu selama semalam suntuk.

Dilansir dari Good House Keepingkoran bekas akan bisa menyerap kadar air dalam sepatu sekaligus menyerap bau tak sedap yang ada di dalamnya.

Baca juga: Apakah Pakaian dan Sepatu Bisa Membawa Virus Corona ke Rumah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.