Kompas.com - 23/08/2021, 11:27 WIB
Ilustrasi matematika Ilustrasi matematika

KOMPAS.com - Di sekolah, kita diajarkan untuk menghitung keliling dan luas lingkaran menggunakan Pi atau dikenal dengan lambang "π".

Pi adalah bilangan irasional yang jika dihitung jumlahnya bisa tidak terhingga. Matematikawan berlomba-lomba memecahkan rekor penghitungan Pi.

Baru-baru ini, para peneliti di Swiss berhasil menghitung Pi sampai 62,8 triliun digit.

Secara sederhana, kita menerapkan bilangan Pi dengan angka 3,14 atau 22/7.

Ternyata, penghitungan Pi bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari mengukur alam semesta, sampai mengengembangkan kekuatan RAM pada komputer.

Rekor menghitung Pi

Melansir Live Science, 18 Agustus 2021, percobaan penghitungan terbaru, pada 5 Agustus 2021, para peneliti dari University of Applied Sciences of the Grisons di Swiss mengumumkan bahwa mereka telah memecahkan rekor nilai Pi yang paling akurat.

Mereka menghitung Pi menggunakan komputer di Pusat Kompetensi untuk Analisis Data, Visualisasi dan Simulasi (DAViS).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan menggunakan algoritma penghitungan yang sama, tim DAViS tidak hanya memecahkan rekor Mullican tetapi juga menghitungnya dalam waktu lebih singkat.

Untuk menghitung 62,8 triliun digit, mereka menghabiskan 108 hari dan 9 jam. Meski demikian, rekor ini belum secara resmi dikonfirmasi oleh Guinness World Records.

Sebelum ini, pada 2019, sistem komputasi cloud Google menghitung nilai konstanta hingga lebih dari 31 triliun angka desimal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.