Kompas.com - 23/08/2021, 10:40 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi sekolah tatap muka.

KOMPAS.com -  Beberapa wilayah sudah menyelenggarakan sekolah tatap muka. Beberapa lagi tengah dalam fase persiapan, menunggu vaksin pelajar mencapai angka maksimalnya dan menunggu level PPKM turun dari level 4.

Ketika anak-anak usia sekolah kembali melangkahkan kaki ke luar rumah untuk menempuh ilmu, banyak orang tua yang pasti akan sibuk meredam kekhawatirannya.

Meski usia di atas 12 tahun sudah mendapatkan vaksin dan pembelajaran di sekolah menetapkan protokol kesehatan ketat, namun tetap saja kekhawatiran akan masa pandemi terus ada.

Salah satu yang bisa dilakukan orang tua adalah mendongkrak sistem imun anak semaksimal mungkin, agar anak tak mudah terinfeksi virus dan bakteri.

Dilansir dari CNN, para orang tua bisa mendongkrak sistem imun anak-anaknya dengan mengatur pola makan, menerapkan standar kebersihan, dan mengatur pola istirahat yang cukup.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Mulai September, FSGI: Vaksin Covid-19 Minimal Harus 70 Persen

1. Menerapkan standar kebersihan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi cuci tanganDW Indonesia Ilustrasi cuci tangan
Anak harus diajak memiliki standar kebersihan di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Karena salah satu cara menghindarkan anak terinfeksi Covid-19 adalah dengan mengajari anak protokol kesehatan ketat agar terhindarkan dari faktor-faktor risiko terkena virus.

Seperti mengajari anak untuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan air atau hand sanitizer sesering mungkin, dan menjauhi kerumunan.

Baca juga: 4 Langkah Meningkatkan Sistem Imun Bayi di Masa Pandemi

2. Vaksin dan imunisasi lengkap

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.