Kompas.com - 21/08/2021, 09:11 WIB
Danau Nyos meledak pada 21 Agustus 1986, awan karbon dioksida (CO2) yang mematikan meledak dari dasar perairan Danau Nyos di barat laut Kamerun, menewaskan 1.746 orang dan sekitar 3.500 ternak. Twitter/ @anchunda_benlyDanau Nyos meledak pada 21 Agustus 1986, awan karbon dioksida (CO2) yang mematikan meledak dari dasar perairan Danau Nyos di barat laut Kamerun, menewaskan 1.746 orang dan sekitar 3.500 ternak.

KOMPAS.com - Ledakan gas beracun karbon dioksida (CO2) dari Danau Nyos di Kamerun menewaskan ribuan orang dan ribuan ternak pada 21 Agustus 1986, atau 35 tahun lalu. 

Melansir History, bencana tersebut merupakan bukti nyata bahwa karbon dioksida dapat menjadi sangat mematikan apabila terkonsentrasi dalam jumlah besar.

Total korban tewas mencapai 2.000 orang akibat bencana tersebut, dan empat desa di sekitar Danau Nyos tersapu bersih.

Sebuah sumber melaporkan, jumlah korban tewas adalah 1.746 orang dan 3.500 ternak

Peristiwa ledakan CO2 diketahui bermula dari Danau Monoun dan berlanjut ke Danau Nyos. Keduanya adalah danau kawah dengan luas sekitar satu mil persegi.

Kedua danau itu terletak di daerah pegunungan terpencil di barat laut Kamerun, sebuah wilayah yang didominasi oleh tebing batu dan vegetasi yang rimbun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Update Corona 21 Agustus: 5 Negara Kasus Terbanyak | Covid-19 di Thailand Tembus 1 Juta

Semburan gas beracun

Bencana memilukan itu bermula pada bulan Agustus 1984, ketika 37 orang warga yang tinggal di dekat Danau Monoun meninggal secara tiba-tiba.

Namun, insiden tersebut sebagian besar ditutup-tutupi oleh pemerintah. Karena tidak ada listrik atau layanan telepon di daerah itu, maka tidak sulit untuk merahasiakan kejadian itu.

Akibatnya, 5.000 orang yang tinggal di desa-desa dekat Danau Nyos tidak menyadari potensi bahaya yang berasal dari danau di dekat tempat tinggal mereka.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.