Kompas.com - 20/08/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi lelah SIphotographyIlustrasi lelah

KOMPAS.comKolesterol tinggi sering tak disadari banyak orang. Sehingga efeknya,  kolesterol tinggi mengarah ke komplikasi yang membahayakan keselamatan diri.

Padahal jika mau menelaah, ada beberapa tanda atau gejala tertentu ketika kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sudah melebihi ambang batas normal.

Melambungnya kolesterol tinggi ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Faktor terbesar adalah karena penerapan pola hidup dan pola makan yang tak sehat.

Beberapa faktor risiko kolesterol tinggi adalah obesitas, merokok, pengonsumsian alkohol yang berlebihan, kurang olahraga, faktor keturunan, serta tentu saja kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak.

Baca juga: Gejala Infeksi Virus Marburg dan Cara Mengatasinya

Gejala kolesterol tinggi

Dilansir dari Healthline, Anda harus mendeteksi gejala kolesterol tinggi agar tumpukan kolesterol tak semakin tertimbun di pembuluh darah.

Ilustrasi jantung. Dok. iStockPhoto Ilustrasi jantung.
Ketika menyumbat pembuluh darah, kolesterol bisa membentuk plak yang membuat aliran darah menuju jantung menjadi tersendat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kolesterol tinggi sendiri biasanya tak memiliki gejala khusus, sehingga beberapa orang bisa tak menyadari jika kandungan LDL dalam tubuhnya sudah di atas ambang normal.

Beberapa komplikasi karena tingginya kolesterol lah, yang akhirnya memunculkan gejala spesifik. Berikut ini adalah beberapa tanda yang mesti Anda waspadai:

Baca juga: 8 Cara Alami Meredakan Mual dan Muntah Gejala Covid-19

1. Rasa nyeri di dada

Hal ini bisa terjadi lantaran sudah ada penumpukan plak di pembuluh darah. Ketika aliran darah menuju jantung tak lancar, maka akan muncul nyeri seperti tertekan di area dada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.