Kompas.com - 20/08/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi aplikasi WhatsApp Messenger Beta versi 2.20.13. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi aplikasi WhatsApp Messenger Beta versi 2.20.13.

KOMPAS.com - Fitur "Archived Chats" sebelumnya hanya bisa digunakan oleh pengguna tertentu dan Beta User. Kini, fitur arsip obrolan ini bisa digunakan sepenuhnya oleh seluruh pengguna WhatsApp di Indonesia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (14/8/2021), fitur Archived Chats ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 atau yang lebih baru di ponsel Android.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan chat yang tidak diinginkan ke dalam sebuah folder. Nantinya, pesan-pesan yang "disimpan" itu tidak akan mengeluarkan pemberitahuan dalam bentuk bunyi, suara, tanda, dan pesan pop-up.GG

Fitur arsip sudah sangat ditunggu pengguna WhatsApp karena bisa untuk menyembunyikan chat dari seseorang maupun grup yang selama ini dianggap "mengganggu".

Dengan begitu, pengguna WA tidak perlu memblokir orang lain atau keluar dari grup yang sebenarnya tidak diinginkan.

CEO WhatsApp, Will Cathcart menyampaikan langsung terkait kegunaan fitur yang dinantikan pengguna WA tersebut.

Baca juga: Tulisan Chat di WhatsApp Bisa Diubah Jadi Warna Biru, Begini Caranya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Punya grup WhatsApp yang sedikit berisik dan membuat kotak masuk Anda jadi berantakan? Dengan fitur Arsip yang baru, Anda sekarang dapat menyimpan obrolan di luar kotak masuk Anda, tetapi masih memiliki akses ke sana kapan pun Anda mau!" tulis Cathcart melalui akun Twitter resminya dengan handle @wcathcart.

Cara menggunakan fitur ini pun sangat mudah, pengguna cukup menekan chat yang ingin diarsipkan selama beberapa detik.

Kemudian, klik tombol arsip yang bergambar kotak dengan anak panah ke bawah. Setelah itu, chat akan otomatis dipindah ke folder "Archived" atau Arsip yang terletak di atas beranda kontak masuk.

Perbedaan fitur "Archived Chats" lama dan baru

Fitur arsip sebenarnya bukanlah fitur baru. Akan tetapi, WhatsApp melakukan pembaruan mekanisme pengarsipan chat dan peletakan folder arsip pada platformnya.

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.