Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Terbaru TikTok untuk Pengguna di Bawah Usia 17 Tahun

Kompas.com - 20/08/2021, 09:34 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini sejumlah platform media sosial menerapkan aturan baru yang lebih ketat untuk pengguna remaja.

Sama seperti Instagram, kini TikTok pun membuat beberapa aturan baru yang diharapkan dapat melindungi pengguna remaja di bawah usia 17 tahun.

Aturan yang rencananya akan diluncurkan beberapa bulan ke depan ini akan berlaku untuk semua pengguna TikTok remaja di dunia, termasuk Indonesia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (15/8/2021), Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia, Faris Mufid mengatakan, pemberlakuan aturan baru tersebut bertujuan untuk memberikan keamanan privasi pengguna TikTok.

"Serangkaian perubahan ini melanjutkan komitmen TikTok untuk memberikan perlindungan keamanan, privasi, dan kesejahteraan komunitas kami," ujar Faris.

Aturan baru yang pertama terdapat pada menu pesan langsung. Pengguna usia 16-17 tahun akan mendapat pengaturan otomatis "Tidak seorang pun" di pesan langsung saat pertama kali bergabung dengan TikTok.

Baca juga: 10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh 2020, TikTok Juaranya

Saat ini, pengaturan yang dipasang secara otomatis tertulis "Teman", yang berarti pengguna bisa menerima pesan dari pengikut (followers) yang mereka "ikuti balik" (follow back).

Sementara itu, pengguna yang belum pernah menggunakan fitur pesan langsung akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengecek pengaturan privasi terlebih dahulu.

Saat ini, fitur pesan langsung di TikTok telah nonaktifkan bagi pengguna di bawah usia 16 tahun.

Aturan baru selanjutnya adalah terkait pembagian video. Ketika pengguna TikTok berusia di bawah 16 tahun mengunggah video baru, mereka akan mendapat pop-up notifikasi yang berisi pengaturan siapa saja yang bisa menonton video.

Jika belum memilih opsi yang tersedia, pengguna tidak akan bisa meneruskan proses pengunggahan video.

Sementara itu, akun pengguna berusia 14-15 tahun akan secara otomatis dikunci atau berubah menjadi akun privat.

Baca juga: Arti FYP, Xyzbca, hingga Stitch, Ini Daftar Istilah di TikTok

Meski begitu, para pemilik akun privat masih bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat konten mereka, baik "pengikut" maupun "teman".

Akan tetapi, opsi "semua orang" akan dimatikan secara otomatis. Fitur "Duet" dan "Sticth" juga akan dimatikan bagi pengguna berusia 16 tahun ke bawah.

TikTok juga membuat aturan baru tentang pengunduhan video publik. Jika fitur ini diaktifkan, mereka akan mendapatkan pemberitahuan berisi permintaan konfirmasi saat ada yang mengunduh video pengguna berusia 16-17 tahun.

Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com