Kompas.com - 15/08/2021, 23:12 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Selain minat dan kemampuan, salah satu alasan memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja.

Tanpa menafikan minat dan bakat, tidak bisa dipungkiri banyak orang yang memilih jurusan kuliah karena melihat peluang kerja apa yang akan didapatkan setelah lulus.

Meski begitu, terkadang jurusan yang diinginkan siswa tidak selaras dengan keinginan orangtua atau bakat dan minat pribadinya. Hal ini menyebabkan banyak siswa semakin bingung untuk memilih jurusan.

Namun, terlepas dari perkara-perkara tersebut, semua orang yang menuntut pendidikan tinggi tentu berharap dapat hidup nyaman dengan karier yang mapan di masa depan.

Baca juga: Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar yang Sedang Tren di Indonesia

Melansir berita Kompas Edu Kamis (12/8/2021), berikut adalah daftar jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja dengan gaji besar yang sedang tren di Indonesia.

1. Sains data

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seiring dengan perkembangan teknologi, kian banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ahli pengolahan data. Perusahaan membutuhkan lulusan sains data yang mampu mengolah data menjadi informasi.

Karena perannya yang penting, tak mengherankan jika gaji di bidang ini juga besar. Gaji seorang ahli sains data berada pada kisaran Rp 15.000.000 sampai Rp 40.000.000.

Cukup fantastis, bukan? Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Sains Data, di antaranya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

2. Informatika

Tidak hanya ahli sains data, perusahaan-perusahaan besar juga banyak membutuhkan ahli teknologi informasi (IT). Seperti diketahui, perkembangan IT sudah meluas ke berbagai bidang kehidupan.

Hampir semua perusahaan telah memanfaatkan IT untuk mengembangkan bisnis. Karena peran penting ahli IT dalam kinerja perusahaan inilah seorang ahli IT bisa memiliki gaji yang besar.

Gaji seorang ahli IT bisa mencapai antara Rp 15.000.000 sampai Rp 27.000.000. Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Informatika, antara lain UNM, Universitas Telkom (Telkom-U), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (BINUS), dan Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute).

3. Bisnis digital

Saat ini sektor digital telah merambah berbagai bidang, tak terkecuali dunia bisnis. Karena itu dibutuhkan kemampuan yang bisa menguasai bidang bisnis digital agar sebuah perusahaan bisa terus berkembang.

Baca juga: 10 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya untuk Anak IPA dan IPS

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.