Kompas.com - 15/08/2021, 06:17 WIB
Ilustrasi tikus mutan. Ilmuwan melakukan rekayasa genetika pada tikus yang kemudian dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mempelajari massa otot dan tulang. SHUTTERSHOCK/Carlos AranguizIlustrasi tikus mutan. Ilmuwan melakukan rekayasa genetika pada tikus yang kemudian dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mempelajari massa otot dan tulang.

KOMPAS.com - Keberadaan tikus di rumah sangatlah mengganggu. Selain dapat merusak benda-benda di rumah, tikus juga merupakan hewan yang bisa membawa bibit penyakit.

Karena itu, diperlukan cara yang tepat untuk mengusir tikus. Sebenarnya, ada banyak cara mengusir tikus yang bisa kamu lakukan, mulai dari memasang jebakan hingga menggunakan alat pengusir tikus.

Namun, tahukah kamu bahwa untuk mengusir tikus bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur.

Baca juga: 5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengusir Tikus dari Rumah

Melansir Kompas.com, setidaknya ada lima bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengusir tikus. Apa saja?

1. Cabai rawit

Bumbu dapur yang pertama adalah cabai rawit. Cara menggunakannya yakni taburkan bubuk cabai rawit di sekitar rumah atau di area yang sering muncul tikus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain menaburkannya, kamu juga bisa memanfaatkannya dengan cara membuat semprotan bubuk cabai untuk penggunaan di luar ruangan.

Caranya, mencampurkan bubuk cabai dengan air, beberapa deterjen cuci piring, satu sendok makan minyak sayur, dan satu atau dua sendok makan bubuk cabai rawit. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan semprotkan ke area yang sering dilalui tikus.

2. Kayu manis

Selanjutnya ada kayu manis. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat masakan lebih terasa sedap ini memiliki aroma pedas yang kuat sehingga tikus tidak akan mendekat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.