Kompas.com - 14/08/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi diet atau menurunkan berat badan. FREEPIK/JCOMPIlustrasi diet atau menurunkan berat badan.

KOMPAS.com - Karbohidrat seperti nasi sering dituding menjadi biang kerok berat badan naik saat kita sedang diet. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa camilan yang sepertinya remeh-juga mempengaruhi kenaikan berat badan.

Berbicara soal diet, para ahli gizi kerap menekankan rumus defisit kalori jika kita ingin sukses menurunkan berat badan. Tak cukup mengurangi porsi makanan, aktif berolahraga pun tak kalah penting.

Makin sering Anda berkeringat secara teratur, perlu dipastikan pula bahwa Anda mendapatkan asupan makanan dengan cara yang benar.

Makanan ringan contohnya, adalah salah satu hal sepele yang dapat menghambat Anda mencapai tujuan.

Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, dalam jangka panjang, camilan ini sebenarnya bisa menjadi alasan Anda menambah berat badan alih-alih menurunkannya.

Baca juga: 15 Resep Camilan dari Tepung Beras yang Mudah dan Bahan Murah

Berikut ini adalah beragam camilan yang paling mungkin bisa membuat berat badan naik:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Keripik

Ada beberapa alasan kuat mengapa keripik mengkhawatirkan.

Dirangkum dari Eat This, rasa gurih yang ditawarkan sajian keripik kentang bisa menimbulkan ketagihan. Gara-gara ini pula, hampir tidak mungkin seseorang makan satu potongan keripik saja.

Padahal, asupan garam atau natrium dari keripik kentang yang berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Selain itu, keripik kentang relatif tinggi lemak dan kalori yang dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan hingga obesitas.

Baik digoreng maupun dipanggang, keripik kentang tetap dianggap sebagai makanan “kalori kosong”, yakni makanan yang minum nutrisi.

Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi keripik kentang sebagai bagian dari makanan, mereka bertambah berat badan setiap tahun.

2. Donat

Merangkum Healthline, donat cenderung menjadi makanan tinggi kalori. Misalnya, dalam 1 buah donut glaze, bisa terkandung 240 kalori yang setengahnya adalah lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.